Rabu, 06 Juli 2011

4 Makanan Pencegah Penyakit Arthritis

Penyakit Arthritis atau radang sendi, adalah penyakit peradangan yang menyerang sendi yang ditandai dengan radang pada membran sinovial dan struktur-struktur sendi serta atrofi otot dan penipisan tulang. Penyakit ini umumnya menyerang persendian jari, tangan dan kaki mneyebabkan penderitanya menjadi sulit untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Gejala lainnya seperti demam, nafsu makan menurun, berat badan menurun, lemah dan kurang darah juga merupakan salah satu tanda penyakit ini, namun kadang para penderita justru tidak merasakannya. Ternyata, ada beberapa makanan enak pencegah arthritis atau radang sendi ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

Pisang
Pisang terkenal akan kandungan potasiumnya yang tinggi. Ternyata, tidak hanya potassium, pisang juga mengandung banyak Vitamin B, C dan asam folat yang tinggi. Semua nutrisi ini sangat penting dan berguna untuk melawan penyakit arthritis. Cobalah untuk mengkonsumsi pisang yang sudah matang dan berwarna kuning cerah, tapi kalau anda tidak begitu suka pisang karena rasanya yang kurang begitu manis, bisa dicampur susu dan dijadikan milkshake. Mmmm.. pasti enak!
 
Paprika
Satu buah paprika hijau ternyata mengandung 176% kebutuhan Vitamin C dalam sehari! Sedangkan paprika merah dan paprika kuning mengandung dua kali lipatnya. Jenis cabai yang tidak begitu pedas ini juga kaya akan asam folat dan Vitamin B, sangat baik untuk kesehatan sendi. Paprika bisa disajikan dengan berbagai macam cara. Karena bukan merupakan buah yang cepat busuk, buah ini bisa disimpan lama di lemari es. Jangan lupa untuk membuang bijinya sebelum dimasak. Ditumis dengan campuran daging juga enak banget, dan tentunya menyehatkan. 

Keju
Siapa yang tidak kenal keju? Produk olahan susu ini ternyata mengandung banyak asam folat dan Vitamin B6 yang sangat baik untuk mencegah penyakit arthritis. Selain itu, keju juga kaya akan kalsium yang berguna untuk pembentukan tulang dan gigi, jadi bagus banget untuk dikonsumsi anak-anak. Agar mudah untuk dimakan, jangan lupa untuk diparut atau dipotong-potong terlebih dahulu. Lalu jangan lupa untuk mendiamkannya di suhu ruangan sesaat sebelum disajikan. Bisa dimakan dengan roti atau juga bisa digunakan sebagai campuran bikin kue dan makanan lainnya. 

Teh Hijau
Teh hijau kini semakin populer karena mengandung bahan antioksidan (disebut polyphenol) yang membantu mencegah kanker dan penyakit jantung. Penelitian terbaru juga mengungkapkan bahwa teh hijau ternyata baik untuk pencegahan penyakit radang sendi. Selain itu semua, ternyata ada banyak banget khasiat teh hijau baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Saya sering lho, pake kantong teh hijau yang sudah diseduh untuk menghilangkan kantung mata.




6 komentar:

Feel What's Real mengatakan...

this post seems interesting even if i cant't understand what it is about!!! anyway..put a translation gadget and make it easier for all of worldwide readers :D

adeline mengatakan...

OK!
thanks for visiting, anyway :D

armouris mengatakan...

lagi info tentang pisang di SIHAT SELALU - Khasiat Pisang

adeline mengatakan...

yap.. makasih yah sudah visit my blog ^^

jamal lewinsky mengatakan...

boleh dicoba .. nice info ^^

adeline mengatakan...

@jamal: terima kasih sudah mampir...

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...