Senin, 25 Juli 2011

Durian Unik Khas Kalimantan

Selama ini kita tau durian Medan, durian khas Palembang atau durian monthong dari Thailand. Tapi tahukah kamu bahwa ada dua jenis durian paling unik yang bisa kita temukan di negeri ini? mereka adalah Durian Merah dan Durian Kuning Emas dari Kalimantan.

Seperti namanya, dua jenis durian ini berbeda dengan jenis durian biasa dari warnanya. Durian Merah memiliki daging buah yang berwarna merah darah, sedangkan Durian Kuning Emas memiliki daging buah yang berwarna kuning keemasan.

Agar lebih spesifik penjelasannya, saya akan jelaskan satu per satu.

Durian Merah
Durian Merah yang memiliki nama latin Durio Graveolens ini terdapat di Kutai, Kalimantan Timur. Biasanya tumbuh di hutan, di lading dan di tepian sungai Mahakam. Selain bisa ditemukan di Kalimantan Timur, buah ini juga pernah ditemukan di Banyuwangi dan Boyolali. Daun pohon durian ini sangat lebar, hampir seukuran telapak tangan orang dewasa. Rasanya, ternyata lebih manis, lembut dan gurih dibanding dengan jenis durian biasa. Karena kandungan alkoholnya tergolong cukup rendah, buah Durian Merah bisa dikonsumsi tanpa khawatir dengan efeknya yang kadang bikin pusing dan mabuk (maksudnya mabuk duren).

Durian Kuning Emas
Durian kuning emas biasa disebut buah lai di Kalimantan. Buah ini juga biasanya hanya tumbuh di daerah pedalaman Kalimantan Tengah, makanya sering disebut juga sebagai buah asli Kalteng. Buahnya seukuran dua kepal tangan orang dewasa dan daging buahnya berwarna kuning emas. Meski aromanya tidak sekuat durian biasa, tapi rasa buah durian kuning emas ini ternyata lebih pekat.

Wuih, jadi tambah penasaran dan ingin segera di coba yah? Mudah-mudahan suatu saat saya berkesempatan ke Kalimantan untuk coba durian unik ini. J

1 komentar:

Panji R mengatakan...

kalau anda ke kalimantan, saya nitip durian yaa.. :D

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...