Kamis, 21 Juli 2011

Makadamia, Kacang Australia yang Lezat dan Sehat

Apakah ada di antara kalian yang pernah makan kacang Makadamia? Bagi yang sudah pernah, pasti bakal bilang ini kacang yang super enak. Dan memang benar, kacang Makadamia (bahasa Inggris: Macadamia) memang asli enak. Kacang ini berasal dari negeri kanguru, Australia bahkan beberapa orang akan lebih sering menyebut makadamia sebagai kacang Australia atau kacang Queensland.  

Asal usul makadamia ini berawal dari satu cerita tentang seorang botanikus bernama Walter Hill yang melihat asistennya sedang memakan sejenis kacang kacang yang dia pikir beracun. Tapi dia salah kira, karena asistennya justru sehat-sehat saja dan mengatakan bahwa kacang yang dimakannya sungguh enak.
Karena penasaran dengan cerita sang asistennya, Walter pun mencoba kacang itu. Dan rasanya memang enak. Lalu ia merekomendasikan kacang ini pada teman-teman botanikus lainnya, dan lahirlah nama kacang makadamia yang berasal dari nama teman baiknya, dr. John Macadam.
Rasa kacang makadamia yang lezat serta teksturnya yang unik, lembut dan renyah inilah yang membuat kacang ini jadi makin populer di dunia. Kini, Australia dan Hawaii merupakan salah satu negar penghasil kacang makadamia terbesar di dunia. Eh, mengapa Hawaii? Hawaii juga dikenal sebagai penghasil kacang makadamia karena Hawaii adalah negara yang membuat terobosan dalam pembudidayaan kacang ini. mereka membuat suatu alat untuk membuka kulit kacang makadamia yang keras.
Tidak hanya lezat, kacang ini juga sangat sehat, apalagi bila dikonsumsi dengan takaran yang cukup. Kadar minyak yang terkandung dalam kacang makadamia ini paling tinggi dibanding dengan jenis kacang lainnya. Kadar lemak tak jenuhnya juga cukup tinggi, karena itulah, kacang ini sangat baik bagi kamu yang sedang diet juga bagus untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Minyak dari kacang ini juga sering di gunakan untuk produk kosmetik lho, karena kandungan minyak kacang ini mempunyai kemiripan dengan karakter kulit manusia.  Eh, ada lagi, kulit kacang makadamia yang keras ternyata masih bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar alami pengganti batubara!

Waaah saya jadi tambah ngiler pengen makan kacang makadamia lagi. Harganya memang mahal sih, apa lagi karena ini buah impor. Tapi kalo sudah coba sekali, pasti ketagihan. ^^ 

[images by google image]

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...