Senin, 25 Juli 2011

Coklat Baik Bagi Anak

Siapa sih yang ga suka coklat? Dari anak-anak sampe orang dewasa, semua suka.  Dan anak-anak mungkin adalah fans berat coklat. Iyalah, mereka, dikasih jenis coklat aja pasti suka. Sayangnya, kadang para orang tua cenderung untuk terlalu khawatir akan efek buruk coklat, misalnya karena bisa menyebabkan gigi berlubang atau kegemukan. Sepengetahuan saya, coklat itu justru bagus, dan mengandung banyak nutrisi, apalagi jika dikonsumsi dengan takaran yang sesuai.

Penelitian menunjukkan bahwa coklat memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan sayuran berwarna gelap. Kandungan flavanoidnya sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama dalam memerangi kanker. Dan kamu pasti tau kalo stroberi merupakan buah yang kaya akan anti-oksidan? Nah, ternyata  dark chocolate mengandung delapan kali lipat kandungan anti-oksidan dibanding stroberi.
Ada banyak penelitian yang menyatakan bahwa coklat—terutama jenis dark chocolate, sangat baik untuk kesehatan jantung. Mengkonsumsi coklat jenis ini dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol. Coklat juga dapat meningkatkanproduksi kelenjar endorphin yang bisa membuat kita bahagia. Kandungan serotoninnya juga berguna untuk mengurangi stress dan depresi. Sedangkan kandungan theoromine-nya bisa menghilangkan rasa malas. Wow, dengan sejumlah fakta yang demikian banyak, adakah alasan lain untuk GA memberikan coklat pada anak-anak??

Mungkin dengan penjelasan ini, cukup memjawab pertanyaan kita ya, tentang mengapa anak-anak biasanya kelihatan bahagia banget pas makan coklat. Dan hal ini tentu saja bikin orang tua juga ikut senang. Tapi hati-hati ya, makan coklat harus ada batasnya, maksimal 100 gram per hari. Dan kalo bisa sih dikombinasikan dengan buah atau sayuran. Ini bisa jadi trik pintar untuk mengakali agar si kecil mau makan.

Satu hal yang perlu diingat, jangan pilih white chocolate atau milk chocolate ya, kedua jenis coklat ini lebih banyak mengandung gula dibanding nutrisinya. Nah, sekarang… tunggu apa lagi? Ayo para ibu makan coklat bareng anaknya. Pasti seru. Happy go chocolate ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...