Selasa, 19 Juli 2011

Rujak

Makanan Indonesia yang satu ini memang sudah tidak asing asing lagi. Kalau selama ini kita hanya tau rujak buah, rujak uleg, dan rujak cingur, ternyata masih ada banyak jenis rujak lainnya yang patut untuk dicoba. Beberapa jenis rujak juga tidak hanya bisa dinikmati sebagai cemilan di kala senggang, tapi juga bisa jadi teman makan siang yang enak dan mengenyangkan. Mau tau jenis rujak apa saja yang ada di tanah air? Simak daftar berikut ini.

1.   Rujak Cingur
Rujak yang satu ini berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Rujak ini dinamakan rujak cingur karena didalamnya terdapat potongan cingur (tulang rawan dari bagian hidung dan bibir atas sapi). Seporsi rujak cingur terdiri dari cingur, sayuran, buah-buahan, lontong, tahu, tempe, bendoyo. Sayuran yang dipakai biasanya adalah kangkung dan toge, sedangkan buah-buahannya menggunakan mangga muda, bengkoang, nanas dan kedondong. Bumbunya hampir sama dengan bumbu rujak atau gado-gado, yaitu perpaduan antara kacang tanah, cabai, gula merah, bawang goreng, pisang batu dan petis udang.

2.  Rujak Buah / Rujak Manis
Ini mungkin jenis rujak yang paling sering kita makan, rasanya segar karena biasanya menggunakan buah-buahan segar seperti mangga, kedondong, jambu, papaya, bengkoang dan lain sebagainya. Bumbunya biasanya merupakan campuran cabai, garam, gula merah, kacang tanah dan asam. Biasa disebut rujak manis karena biasanya bumbunya lebih terasa manis dengan campuran gula jawa yang cukup banyak. Tapi in tergantung selera masing-masing, makin pedas, makin segar.

3. Rujak Petis
Rujak petis terdiri dari irisan timun, bengkoang, mangga muda, kedondong, tahu, kecambah/tauge, dan kangkung. Sedangkan sausnya terbuat dari olahan petis udang, cabai, kacang tanah goreng, bawang, garam, gula merah, pisang muda, dan air yang ditumbuk bersamaan. Biasanya rujak ini paling nikmat disajikan dengan kerupuk di atas daun pisang. 

4. Rujak Soto
Rujak soto ini bisa dijadikan alternatif makan siang lho, karena bisa dikombinasikan dengan nasi. Rujak soto ini berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur dan merupakan perpaduan rujak cingur dan soto babat. Karena itulah disebut rujak soto. Biasanya, bumbu seperti cabai, kacang tanah goreng, gula merah, pisang muda dan air asam diuleg terlebih dahulu, setelah itu masukan sayuran seperti kangkung, tahu, tempe atau cingur. Setelah itu baru tambahkan kuah soto babat.

5. Rujak Uleg / Rujak Bebeg (Tumbuk)
Rujak uleg atau rujak bebeg adalah rujak manis yang ditumbuk. Di daerah Betawi, biasanya ditambah dengan nangka muda (gori) dan jambu kelutuk, sehingga teksturnya menjadi lebih padat. Banyak yang mengatakan kalau rujak jenis ini berasal dari Jawa Barat, ada juga yang mengatakan dari Jawa Tengah. Tpi dari mana pun asalnya, rujak ini tetap enak kok.

Masih ada banyak jenis rujak lainnya, seperti rujak cuka, rujak serut, rujak Aceh, rujak kecak Bandung, rujak juhi dan lain-lain. Lain waktu, kita bahas rujak lainnya ya ^^

[images by google image]



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...