Kamis, 21 Juli 2011

Khasiat dan Manfaat Teh

Teh biasanya hidup didaerah yang tropis maupun subtropis teh dikenal juga dengan nama Camellia Sinensis. Di Indonesia teh tumbuh subur didaerah puncak dan sekitarnya.

Ada tiga macam teh, yaitu teh hijau, teh oolong, dan teh hitam. Umumnya teh  diolah dengan cara dirajang dan dijemur dibawah sinar matahari sampai memiliki warna kehitaman yang memiliki cita rasa yang sangat khas bagi penikmat teh. 

Di Jepang dan Cina masyarakatnya sangat menyukai teh tertua yaitu teh hijau, dan cara pengolahannya dilakukan dengan cara pemanasan dan penggeringan hingga tercipta warna teh yang masih hijau. Sedangkan teh oolong merupakan teh peralihan antara teh hijau dengan teh hitam. Ketiga teh tersebut memiliki khasiat bagi kesehatan karena didalam teh tersebut terkandung biokimia yang disebut dengan Polyfenol termasuk didalamnya flavonoid.
Yang dimaksud dengan Flavonoid tersebut adalah merupakan suatu kelompok antioksidan yang alamiah biasanya terdapat dalam buah – buahan, sayur- sayuran,teh maupun anggur. Antioksidan  diketahui mampu menghindarkan sel dari kerusakan , apabila sel sudah mengalami kerusakan maka akan menyebabkan timbulnya 50 macam penyakit. Teh hijau maupun teh hitam mengandung  EGCG. Dalam studi yang dilakukan oleh peneliti Belanda meminum teh  hitam maupun teh hijau dalam sehari 4 sampai 5 gelas  akan menurunkan resiko penyakit stroke mencapai 70% dibanding dengan mereka yang minum teh 1 sampai 2 cangkir sehari.

Penelitian lainnya menyebutkan mengkonsumsi teh hitam menurunkan resiko serangan jantung. Flavonoid dalam teh hitam mampu menghambat penggumpalan sel – sel platelet darah sehingga mencegah penyumbatan pembuluh darah  pada penyakit jantung koroner dan stroke.Ternyata teh juga berkhasiat melindunggi kulit dari sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit. Selain itu, teh juga menggandung fluoride yang  berfungsi untuk email gigi dan melindungi gigi dari kerusakan.

Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan, bahwa masyarakat yang fanatik meminum teh, sangat rendah angka kematiannya yang disebabkan oleh kanker.

Sekian dari saya,semoga kita semua mulai sekarang menyukai minum teh, karena teh banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita.

2 komentar:

Tips Blogging dan Cari Uang Online mengatakan...

artikel yang sangat manfaat. jadi semangat nich minum teh secara rutin. thanks bos

adeline mengatakan...

haha, iyah ternyata teh memang bagus, tapi jangan sampe over-consumed, karena sesuatu yang berlebihan juga ga bagus :)

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...