Senin, 11 Juli 2011

PMS—Bisa Disembuhkan dengan Diet??

PMS atau Pre-Menstrual Syndrome sering sekali mendera para wanita, biasanya terjadi sekitar sepekan sebelum terjadinya menstruasi. Sakit perut, sakit kepala, dan badmood biasanya jadi pertanda haid datang. Seringkali pula, para wanita akan merasa badannya seperti membengkak. PMS sebenarnya bukanlah penyakit, melainkan kondisi tubuh normal kebanyakan wanita haid yang biasanya ditandai dengan—minimal, 150 gejala. Jadi, sebenarnya sangatlah wajar jika wanita yang PMS (dan juga yang sedang mens) merasakan sakit atau badmood dsb.

Bagi kebanyakan wanita, gejala PMS sebenarnya masih bisa ditoleransi, walaupun cukup mengganggu. Coba deh, kalo kamu search di google dengan keyword “PMS”, ada banyaaaak banget situs yang mengupas habis tentang PMS, mulai dari apa saja yang harus dilakukan, dan apa yang haram dilakukan, sampai makanan-makanan yang bisa membantu mengurangi rasa sakitnya, salah satunya adalah dengan menjalani diet.


Obat Khusus PMS
Faktanya, memang ga ada obat khusus untuk mengobati PMS. Akan tetapi, seperti yang sebelumnya saya bilang, ada beberapa makanan yang bisa membantu mengurangi rasa sakitnya. Wanita PMS atau yang sedang mens, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan magnesium, seperti bayam, yogurt rendah lemak, ubi, ikan halibut dan kacang mete. Kalsium dan magnesium berguna untuk mengurangi nyeri di payudara yang sering dirasakan para wanita. Jangan lupa juga untuk makan ikan laut yang kaya akan kandungan Omega 3, gunanya untuk membantu mengurangi peradangan dan nyeri.

Kembung
Ini yang sering banget dirasain para wanita, perut yang kembung. Biasanya sih karena pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Karena itu lah, sebenarnya para wanita yang PMS harus banyak makan minum air putih dan sayuran hijau, juga berolahraga secara teratur, sehingga tidak ada gas yang tersimpan di perut dan membuat perut tambah tidak nyaman.

Badmood
Ada banyak faktor penyebab badmood, perubahan hormon, stress, atau karena kurang tidur dll. Semuanya bisa diatasi dengan mengkonsumsi Vitamin B yang cukup. Diet yang sehat juga akan membuat mood jadi lebih baik. Terlebih lagi, beberapa makanan diet yang sehat juga ternyata terbukti bagus untuk mengembalikan mood yang hilang, seperti buah-buahan, ikan segar dan aneka jenis oatmil. Jika semua ini belum berhasil juga, ada baiknya untuk mencoba yoga atau meditasi.

Nah, terbukti kan kalo diet yang sehat juga akan membantu mengurangi rasa sakit saat PMS. Perlu diingat, diet bukanlah mengurangi jatah makan, tapi mengontrol makanan yang masuk ke tubuh. Gunanya, bukan cuma tubuh sehat dan langsing, tapi juga mengurangi semua nyeri saat PMS.

1 komentar:

Obat Cepat Langsing mengatakan...

saya akan mencobanya gan nanti ..

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...