Kamis, 07 Juli 2011

Sushi!! ^^

macam-macam sushi
Saya itu termasuk orang yang suka banget makan (semua orang juga sih, hehe). Tapi ini dia salah satu makanan favorit saya: Sushi!

Sushi itu sekarang ini populer banget, ada di mana-mana. Sushi bar, atau gerai-gerai sushi yang ada di mall-mall juga rame banget, cocok dijadiin tempat buat hang out atau kumpul-kumpul bareng teman. Buat saya, sushi yang paling enak itu ya sushi yang ada salmonnya. Apalagi kalo salmonnya masi berasa seger. Wuihh… enak banget! Nah ngomong-ngomong soal sushi, ternyata ada banyak orang yang salah mengartikan sushi lho. Kebanyakan orang beranggapan kalo sushi itu artinya ikan mentah, padahal secara harfiah, sushi itu artinya adalah nasi yang dibumbui dengan berbagai macam topping dan isian, mulai dari sayuran, seafood, daging dan disajikan dengan wasabi. 

Sebenarnya, secara tradisional, ada tiga jenis sushi. Masing-masing beda namanya sesuai dengan cara penyajiannya.

 nigiri sushi

adalah jenis sushi yang lazim kita lihat, terbuat dari nasi dan potongan ikan segar (biasanya sih salmon). Nasi mula-mula dibentuk dengan tangan sebesar kepalan kecil, lalu ditambah potongan ikan segar diatasnya. Tekan sedikit agar terlihat menyatu. Jadi deh! Biasanya sushi jenis ini juga ditambah nori (rumput laut yang sudah dikeringkan) tipis yang digunakan untuk mengikat potongan nasi dan ikannya. Selain ikan, toppingnya bisa macam-macam, seperti udang (ebi), belut (unagi), salmon (shake), tuna (maguro), telur (tamago), cumi dan gurita. Hmmm… yummy!
nigiri sushi
maki sushi
maki sushi adalah jenis sushi yang juga sering kita jumpai. Sushi ini berbentuk roll berisi nasi, sayur dan seafood ditengahnya yang terbungkus nori dan dipotong seukuran sekali gigit. Penjelasan saya terlalu ribet ga sih? Liat gambarnya aja deh biar jelas. California Rolls, cocok buat pemula nih.
california rolls
inari sushi
inari sushi mungkin adalah jenis yang kurang begitu familiar. Merupakan sushi yang terbuat dari tahu yang digoreng kering terus diisi nasi dan berbagai macam isian, seperti udang dan mentimun. 
inari sushi
Waaaaaw, enak banget ga tuh kelihatannya? Kalo saya sih suka banget. Jangan lupa untuk makan sushi dengan shoyu (sejenis kecap Jepang gitu) yang dicampur dengan wasabi yang pedas. Oh iya, ibu hamil boleh aja kok makan sushi, tapi sebaiknya dikonsultasikan dulu yah sama dokter. Bon appetite everyone!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...