Jumat, 22 Juli 2011

Kenali Tanda-Tanda Gangguan pada Mata

Kesehatan mata seringkali luput dari perhatian. Padahal gaya hidup dan rutinitas sehari – hari bisa membuat mata bekerja terlalu keras dan kelelahan. Sebelum menimbulkan gangguan lebih serius, kenali tanda – tanda mata mulai bermasalah.
Gejala gangguan pada mata bervariasi, antara lain:

Penglihatan kabur
Inilah gejala yang sering terjadi. Salah satu cirinya menurur dr. Florence, penglihatan menjadi tidak fokus sehingga bayangan yang ditangkap oleh mata menjadi tidak tajam dan tidak jelas. Penyebabnya dapat karena monitor yang kotor, sudut penglihatan yang kurang baik, atau ada cahaya menyilaukan. Dan bisa juga monitor yang digunakan kurang baik. 

Pusing atau sakit kepala
Biasanya dengan gejala seperti ini orang akan memeriksakan matanya karena sudah menganggu fungsi tubuh yang lain. Sakit kepala ini umumnya muncul dari kepala bagian depan dan sering menyerang saat pengguna komputer saat pekerja bekerja di depan layar. Adapun penyebab lainnya karena stress yang diakibatkan oleh pekerjaan atau cahaya ditempat komputer, misalnya terlalu silau maupun kurang cahaya. 

Iritasi pada mata atau mata kering
Kelenjar mata manusia sudah dilengkapi kelenjar air mata yang menjaga agar mata selalu dalam kondisi lembap dan terkontrol keseimbangan oksigennya. Dalam keadaan normal kelopak mata akan berkedip sebagai refleks untuk membasahi mata. Saat sedang berkonsentrasi pada suatu pekerjaan, atau sedang mengantuk, refleks berkedip akan menjadi lebih lambat. Akibatnya mata menjadi kering dan terasa perih. 

Sakit leher dan punggung
Mata adalah salah satu alat yang dominan mempengaruhi gerak tubuh. Jika terjadi ketidaknyamanan dalam penglihatan, kita cenderung mengubah posisi tubuh agar pandangan lebih nyaman. Perubahan posisi ini yang sering menimbulkan masalah pada leher dan punggung karena bagian tersebut yang sering digerakkan.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Eits, tenang saja, saya sudah menyiapkan jawabannya untuk anda. Simak tips berikut. 
  • Beri kesempatan pada mata anda untuk beristirahat selama 10 menit setiap satu jam beraktivitas di depan komputer atau setiap dua jam saat membaca buku. 
  • Rajin mengonsumsi sayur dan buah – buahan. 
  • Melakukan kontrol ke dokter mata minimal setahun sekali. 
  • Jangan menggunakan obat tetes mata sembarangan, Jika mata terasa kering, gunakan air mata buatan untuk membasahinya (air mata buatan dapat dibeli di apotek ) 
  • Bagi yang memakai lensa kontak, telatenlah memberi cairan khusus untuk menjaga kelembapan mata. Jangan lupa bersihkan tangan saat melepas atau menggunakan lensa kontak. 
  • Jika kelilipan jangan mengucek mata terlalu kencang. Jika menancap di tengah kelopak mata, sangat mungkin kotoran akan menggores lensa mata dan mengakibatkan kerusakan.
Jadi, baiknya kita tidak mengabaikan kesehatan mata, sepenting apapun pekerjaan kita. Beristrahatlah minimal 10 menit sekali agar mata kembali segar dan kita dpat melanjutkan pekerjaan kita lagi.

images by google image

4 komentar:

Efri Yaldi mengatakan...

kalo mata saya masih suka jelalatan di mall..hik hik hik

nova13.com mengatakan...

makasih kk atas info sekaligus tipsnya :D
salam kenal ^^

adeline mengatakan...

@efri: jiah dasar hidung belang! hehe

@nove: salam kenal juga cantik..hehe

Obat Pelangsing Herbal mengatakan...

wah ternyata pusing kepala itu tanda-tanda gangguan pada mata, saya baru tahu gan..

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...