Kamis, 30 Juni 2011

Resep Yogurt Rumahan

Yogurt adalah makanan olahan susu yang dibuat dari fermentasi susu dan bakteri Lactobacillus. Sangat bagus untuk kesehatan usus besar dan kaya akan kalsium. Saya suka sekali makan yogurt, apalagi jika ditambah dengan potongan buah-buahan. Bagusnya lagi adalah karena yogurt bisa disajikan sebagai cemilan sehat. Nah, berikut ini saya akan sedikit berbagi resep membuat yogurt buatan rumah yang enak dan simple.
yogurt dengan potongan kiwi dan berry.. sluuurp
 Bahan-bahan:
- 8 gelas susu segar
- 1/3 gelas susu bubuk (biasanya digunakan untuk membuat yogurt lebih kental)
- 1/4 gelas sirup maple, sebagai pemanis tambahan, bisa juga menggunakan gula atau sirup lainnya
- 1/2 gelas bibit yogurt (bibit ini bisa dibeli di toko tertentu, tapi kita menggunakan yogurt tanpa rasa yang banyak tersedia di pasaran)

Peralatan lainnya:
  • Toples steril yang sudah dipanaskan atau dihangatkan
  • Cooler atau toples yang agak lebih besar dari toples steril yang digunakan diatas
  • Termometer
 Cara Membuat:
  1. Panaskan susu hingga 80 derajat celcius dalam panci stainless steel. Proses ini disebut proses pasteurisasi di mana semua bakteri yang ada di susu akan mati. Proses ini juga akan membuat tekstur protein susu menjadi lebih lembut dan tidak berbentuk  dadih atau gumpalan. 
  2. Kemudian, pindahan panci dari kompor dan dinginkan hingga sekitar 40 derajat celcius. Kita bisa mempercepat proses pendinginan dengan cara merendam panci berisi susu yang dipanaskan tadi kedalam air dingin. Di sini, anda akan butuh bantuan thermometer untuk mengusur suhu susu. 
  3. Tambahkan semua bahan sisa yang ada di resep, seperti susu bubuk, sirup dan bibit yogurt. 
  4. Tuangkan campuran susu tadi ke dalam toples steril yang telah dipanaskan untuk diinkubasi dan menumbuhkan bakteri Lactobacillusnya. Tutup toples dengan rapat dan simpan dalam cooler. Isi cooler dengan air panas sampai menutupi seluruh bagian toples. Lalu, cooler berisi yogurt yang dipanaskan ini disimpan semalaman antara 10 hingga 12 jam untuk diinkubasi. 
  5. Setelah semalaman, yogurt ini akan menjadi lembut. Simpan dalam lemari es paling tidak 12 sampai 24 jam untuk mendapatkan tekstur yang pas, dan yogurt rumahan anda siap dihidangkan.
Biasanya saya menambahkan potongan buah atau selai kedalamnya. Oh ya, perlu diingat, semakin lama masa inkubasi, maka rasa yogurt akan semakin asam. Dan jangan simpan yogurt dalam freezer, karena bahan dasar yogurt yang berupa susu akan pecah dan rusak. 

1 komentar:

Obat Penurun Kolesterol mengatakan...

wajib dicoba nih resep membuat yogurt dirumah, sangat mudah sekali ya ternyata

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...