Senin, 01 Agustus 2011

Semua Tentang Cabai!!

Masyarakat Indonesia pada umumnya suka makanan yang pedas. Mereka beranggapan makan tanpa cabai tidak nikmat  sama sekali. Bagi pecinta makanan pedas, lauk pauk serta hidangan lainnya tidak disajikan dengan cabai tidak menarik sama sekali, dan tidak dapat meningkatkan nafsu makan. Di  Indonesia cabai sudah menempati posisi yang istimewa, disebabkan setiap hari masyarakatnya mengonsumsi cabai. Ada juga orang berpendapat cabai dapat menyebabkan usus buntu, benarkah pendapat seperti itu?? itu sebabnya kita tidak boleh mengonsumsi cabai terlalu banyak. Berikut ini ada penjelasan mengenai cabai menurut Dr.dr.Saptawati Bardosono, MSc, dari Departemen Nutrisi, fakultas kedokteran, Universitas Indonesia. 
·        Mengonsumsi cabai terlalu banyak dapat menyebabkan sakit diare dan sakit perut.
Pendapat ini salah karena cabai tidak memiliki kandungan yang benar – benar berbahaya bagi perut.Rasa panas dan pedas  secara berlebihan dapat mengakibatkan iritasi pada selaput lendir saluran cerna.Sebaiknya dihindari oleh orang yang sudah memiliki gangguan pencernaan.
·        Cabai dapat mengakibatkan penyakit usus buntu.
Pendapat ini juga salah penyebab dari usus buntu bukan dari biji cabai. Melainkan dari sisa makanan yang membusuk dan tidak dapat keluar dari umbai cacing (usus buntu).
·        Cabai atau makanan pedas dapat menambah nafsu makan.
Pendapat ini benar , karena cabai mengandung zat Capsaicin yang membuat cabai terasa pedas.Zat ini terletak pada urat cabai berwarna putih tempat menempelnya biji cabai.
·        Cabai dapat menanggulangi resiko terkena stroke
Pendapat ini benar, karena ada kandungan capsaicin dalam cabai dapat menurunkan risiko munculnya penyakit jantung dan stroke.
·        Cabai dapat membantu menurunkan berat badan
Pendapat ini benar, rasa pedas yang dimiliki cabai dapat membakar lemak dan meningkatkan metabolisme.
·        Cabai membantu mencegah mimisan
Pendapat ini benar, di dalam cabai juga mengandung vitamin C yang tinggi di dalamnya dapat memperkuat dinding pembuluh darah.
·        Cabai dapat mempercepat proses kelahiran bayi.
Mungkin saja benar, karena rasa panas yang dimiliki cabai dapat memicu rasa mulas pada wanita hamil dan memungkinkannya terjadinya kelahiran dini.
·        Cabai dapat membantu menyembuhkan penyakit flu.
Benar, karena cabai mengandung vitamin C, dan vitamin A, serta capsaicin yang dapat mempertahankan kesehatan tubuh, mencegah terjadinya peradangan, serta membantu dan mencegah penyembuhan influenza.
·        Cabai dapat meringankan sakit kepala dan nyeri sendi
Mungkin saja benar, karena rasa pedas pada cabai dapat menghalangi aktifitas otak ketika menerima sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf.Terhambatnya perjalanan sinyal ini dapat mengurangi rasa sakit yang kita derita.

Banyak sekali manfaat mengonsumsi cabai bagi kesehatan kita…Mulai sekarang lebih baik makan cabai 

1 komentar:

Obat Penurun Kolesterol mengatakan...

ternyata kandungan cabai tidak membuat kita diare lho gan,, itu hanya mitos ..

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...