Rabu, 10 Agustus 2011

Tips Aman Gunakan Wadah Plastik


Banyak mitos yang mengatakan bahwa wadah plastik sangatlah berbahaya. Karena bahan plastik yang terkena panas bisa menguap dan meracuni makanan yang disimpan di wadah tersebut. Apakah benar demikian?

Faktanya, memang ada kemungkinan wadah plastik yang ditaruh di suhu ruangan akan menguap dan komponen plastiknya akan berpindah ke makanan, bahkan proses ini bisa berlangsung lebih cepat jika suhu disekitar wadah memanas. Sounds dangerous, huh?

Ada beberapa komponen plastik yang bisa pindah ke makanan, diantaranya adalah monomer stiren, akrilonitril, dan vinil klorida. Semua komponen ini disinyalir bisa mengakibatkan penyakit kanker. Meski terdengar sangat menyeramkan, ternyata tidak semua perangkat plastik seburuk itu. Tipsnya adalah dengan cara memilih perangkat wadah plastik yang aman dan bersertifikat. Selain itu, kejelian kita sebagai pembeli juga harus diasah, guna enghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  1. Pilih wadah berlabel “microwave safe”. Tulisan ini artinya anda bisa memasukkan wadah beseerta isinya ke dalam microwave untuk dihangatkan. Anda juga bisa menaruh makanan panas maupun dingin ke dalam wadah ini. 
  2. Logo “food grade”, food safe”,  atau gambar gelas dan garpu di dasar wadah mengindikasikan bahwa wadah plastik aman digunakan untuk menyimpan makanan. Sebenarnya, ada 7 kelompok bahan plastik yang digunakan sebagai bahan baku wadah makanan, tapi kadang penomoran ini malah membuat pusing dan bingung. Nomor-nomor ini kebanyakan fungsinya untuk mengetahui bahan dasar plastik dan proses daur ulangnya. 
  3. Sebaiknya pilih merk produk yang sudah terpercaya. Karena biasanya merk tersebut lebih terpercaya dibanding dengan produk-produk yang asal mencantumkan logo aman. Lagi pula, memakai produk yang telah terpercaya biasanya kualitasnya lebih terjamin.

Nah, bagaimana?
Hidup sehat itu mudah kok, yang penting kita teliti dalam memilih dan mengutamakan kesehatan bersama. Ada banyak produk yang tersedia di luar sana, sekedar meluangkan waktu untuk lebih teliti lagi dalam memilih tidak ada salahnya kan?

image by tupperware

2 komentar:

Obat Cepat Langsing mengatakan...

terimakasih tipsnya gan,sangat bermanfaat sekali..

Obat Penurun Kolesterol mengatakan...

sanagt bermanfaat sekali gan,,terimakasih..

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...