Selasa, 23 Agustus 2011

Semangka, Buah Sehat untuk Wanita

Semangka atau watermelon dalam bahasa Inggris, merupakan salah satu buah tropis favorit ketika saya masih kecil dulu. Buah berbiji kecil yang menyegarkan ini memang paling enak dinikmati ketika cuaca sedang terik-teriknya. Buah ini juga bukan tergolong buah yang mahal, jadi bisa dinikmati oleh hampir semua kalangan. Selain menyegarkan, buah ini juga kaya akan nutrisi, dan bagus untuk organ intim wanita.

Kita mengenal buah ini sebagai buah yang kandungan airnya sangat tinggi, kaya akan Vitamin C pula. Kandungan antioksidannya juga cukup tinggi, tapi ini cuma sebagian saja. Sejak puluhan tahun, para ahli nutrisi telah menyebutkan bahwa semangka mengandung Vitamin A, B6 dan lycopene, senyawa antioksidan karotenoid yang berfungsi untuk memerangi radikal bebas dalam tubuh. Lycopene ini ternyata sangat ampuh untuk melindungi tubuh dari berbagai macam kanker, seperti kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker prostat.

Seperti dikutip dari Third Age, mengkonsumsi buah semangka (baik yang berdaging merah atau kuning) secara rutin sebagai snack juga sangat baik lho, karena semangka dikenal bisa mengoksidasi kolesterol, mengurangi rematik, serta mencegah peradangan pada sendi. Penelitian yang dilakukan oleh Departmen Pertanian AS tahun lalu juga menyebutkan bahwa memasukkan semangka dalam daftar diet akan membantu mencegah impoten, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitifitas insulin dan mencegah kebutaan.

Sedangkan bagi para wanita, mengkonsumsi semangka dapat berkhasiat untuk mengurangi bau tidak sedap dalam tubuh, terutama pada bagian organ intim. Rasa manis alami dan kangdungan airnya yang tinggi mampu mengurangi dan bahkan membuat aroma cairan tubuh yang keluar menjadi lebih baik dan tidak bau. Misalnya keputihan yang biasa dialami wanita.

Satu hal lagi, para peneliti juga menambahkan bahwa kandungan lycopene dan beta-karoten dalam semangka akan meningkat jika semangka disimpan dalam suhu ruangan. Jadi meskipun anda suka semangka dalam keadaan dingin, tak ada salahnya sesekali menikmati manfaat yang lebih banyak dari semangka yang tidak didinginkan. Cheers!

images: google image

1 komentar:

wsc biolo mengatakan...

wah kebetulan sekali saya suka sekali semangka gan..

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...