Kamis, 11 Agustus 2011

Soft Drink Picu Timbulnya Jerawat

Soft drink atau minuman bersoda memang enak dan menyegarkan. Meski demikian, minuman ini memiliki beberapa efek samping bagi kesehatan dan kecantikan, diantaranya perut kembung dan jerawat. Tunggu dulu, jerawat?

Mungkin anda akan bertanya-tanya, memang minuman soda bisa separah itu ya efeknya? Ya, ternyata memang begitulah adanya. Sebenarnya tidak ada hubungan langsung antara konsumsi soda dan jerawat, tapi efek berkelanjutannyalah yang bisa menyebabkan jerawat.

Agak membingungkan ya? Baiklah, begini ya… soft drink itu mengandung gula dan kafein dalam jumlah yang cukup tinggi. Kandungan gula dalam minuman ini akan membuat kita kecanduan, karena gula membuat kita senang, dimana saat itu, kita jadi mengeluarkan serotonin (ini seperti hormon yang membuat orang bahagia). Nah, konsumsi gula ini, bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang efek buruknya terhadap kulit adalah,peradangan kulit dan tersumbatnya pori-pori kulit. Jika berlangsung berulang-ulang, bisa menimbulkan jerawat.

Kandungan kafein dalam minuman soda ini juga bisa bisa memicu datangnya jerawat. Kafein bisa menyebabkan insomnia dan gangguan pencernaan. Dan kedua gangguan ini bisa menyebabkan jerawat. Tubuh juga bisa stress, karena insomnia ini. Seseorang yang tidak bisa tidur karena terlalu banyak mengkonsumsi kafein bisa stress yang akhirnya akan mengeluarkan kortisol. Zat ini menyebabkan kulit memproduksi minyak lebih banyak yang berujung pada jerawat.

Perjalanan minuman bersoda sampai ke jerawat ini cukup jauh yah. Saya harap, penjelasan saya bisa dimengerti, jadi kita tahu alasan yang jelas mengapa kita perlu membatasi konsumsi soft drink sehari-hari. Belum lagi karena kini, kita tahu bahwa minuman bersoda tidak mengandung nutrisi apa pun yang baik bagi tubuh, jadi sebaiknya kita mengkonsumsi minuman yang menyehatkan seperti air putih dan jus buah.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...