Kamis, 11 Agustus 2011

Pestisida dalam Buah dan Sayuran

Banyak orang yang mengatakan bahwa mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran amat penting bagi kesehatan. Terlebih lagi, saat bulan puasa seperti ini, dimana kita sepertinya diharuskan untuk tetap fit agar puasa yang kita jalani tetap lancar. Sayangnya, meski buah dan sayur terkenal akan nutrisinya yang penting bagi tubuh, ada banyak buah di pasaran yang belum terbebas dari pestisida.

Pestisida (pesticide) adalah bahan yang digunakan untuk membasmi dan mengendalikan hama, terutama dalam bidang bercocok tanam. Istilah pestisida berasal dari bahasa Inggris pests yang artinya hama dan akhiran –cide yang artinya pembasmi. Biasanya sering digunakan untuk membasmi hama tanaman seperti ulat, jamur atau serangga lainnya. Lalu, apa hubungannya pestisida dan buah?

Tentu saja ada. Para petani menggunakan pestisida untuk membasmi hama tanaman buah dan sayur. Mereka biasanya menggunakan pestisida cair yang dilarutkan bersama air dan menyiramnya ke tanaman buah dan sayur tersebut. Lalu, resiko adanya pestisida yang masih tersisa dalam buah dan sayur juga masih tinggi. Karena itu, selain mencermati cara membersihkan buah dan sayur dengan benar, ada baiknya anda juga lebih cermat memilih buah dan sayur yang anda beli. Ada beberapa buah dan sayur yang harus lebih diperhatikan, diantaranya sebagai berikut:

Apel
Buah yang kaya akan vitamin dan serat ini harus dicuci dengan lebih seksama. Pasalnya, buah apel seringkali diberi pestisida jauh hari sebelum buahnya matang. Biasakan untuk mencuci bersih apel yang anda beli sebelum menyimpannya di meja makan atau di kulkas. Debu berwarna putih pada bagian atas buah juga harus benar-benar hilang, karena serbuk putih ini berasal dari sisa siraman pestisida yang menempel.

Sawi dan Bayam
Sayuran ini mungkin merupakan salah satu sayuran favorit anda dirumah. Tapi tahukah anda bahwa 90% sawi dan bayam yang kita konsumsi sudah terkontaminasi pestisida? Karena itulah, pastikan cuci dengan bersih semua bagian sayuran ini agar pestisidanya hilang.

Strawberry
Buah cantik ini ternyata merupakan buah yang patut dicurigai. Menurut penelitian, ada sekitar 13 jenis pestisida yang menempel di buah ini. jika anda suka buah strawberry dan ingin mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup banyak, ada baiknya anda memilih strawberry organik dibanding strawberry biasa.

Kentang
Kentang biasanya dimasak dengan terlebih dahulu mengupas kulitnya. Tapi tidak demikian dengan kentang mini yang sering kita temukan dalam rendang. Biasanya kentang mini dalam rendang tidak dikupas, dan tahukah anda bahwa kentang ini mengandung 91% pestisida? Wow, meski kecil, ada baiknya kentang dikupas terlebih dahulu. Atau anda bisa menggunakan cairan pembersih buah dan sayuran yang dijual bebas di pasaran.

Images by google image
Source: detikfood

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...