Jumat, 12 Agustus 2011

Operasi Lidah Agar Fasih Berbahasa Korea

Demam K-Pop ada dimana-mana, termasuk juga di Inggris. Seorang gadis 19 tahun asal Inggris, Rhiannon Brooksbank Jones, dikabarkan telah mengoperasi lidahnya dengan tujuan agar ia bisa lebih fasih berbahasa Korea.

Rhiannon mungkin bisa disebut sebagai K-Popers sejati. Ia menyukai segala macam tentang Korea, termasuk bahasanya. Ia mengaku bahwa ia terobsesi untuk tinggal dan bekerja di Korea setelah menyelesaikan sekolahnya nanti. Ia bahkan telah ikut kursus bahasa Korea selama dua tahun.

Meski mengaku sudah lancar berbahasa Korea, Rhiannon merasa bahwa aksen Koreanya masih sangat aneh, terutama ketika mengucapkan lafal “L” dalam bahasa Korea. Hal ini karena lidahnya yang terlalu pendek, sehingga terkesan cadel dalam berucap. Untuk bahasa aslinya, bahasa Inggris, ia tidak mengalami masalah apapun dengan kecadelannya ini. Tapi justru karena lidah pendeknya inilah yang membuatnya nekad untuk melakukan operasi pada lidahnya.

Kasus cadel ini dalam istilah medis biasa disebut Ankyloglossia atau lidah yang terlalu pendek. Ciri-cirinya adalah penderita yang cadel karena ada penebalan frenulum atau jaringan penghubung bagian bawah rongga mulut. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan operasi perpanjangan lidah. Rhiannon yang sebelumnya telah berkonsultasi dengan guru les dan dokter gigi akhirnya melakukan operasi pada lidahnya di Nottingham's Queen's Medical Center yang memakan waktu sekitar 20 menit. Operasi ini disebut Language Frenectomy dengan pembiusan lokal selama jalannya operasi.

Kini, Rhiannon bisa berbangga hati dengan bahasa Koreanya yang makin fasih. Hasil operasi lidah tersebut telah berhasil memanjangkan lidahnya sepanjang 1 cm. Dan cita-citanya untuk melanjutkan kuliah di Jurusan Budaya Korea tentunya akan makin mulus.

Ada yang berminat melakukan hal yang sama? Hehehe :D

[source and image: google]

3 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...

Keren.
Bagikan d.blog saya
trus ikuti blog saya

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...