Senin, 15 Agustus 2011

Mengatasi Kaki Pecah-Pecah dan Kapalan


Duh kaki yang kasar dan kulitnya yang pecah-pecah memang menyebalkan.  Meskipun letaknya tersembunyi, karena sering tertutup sepatu atau kaos kaki, tapi tetap saja mengganggu penampilan dan membuat tingkat kepercayaan diri merosot.

Kaki, yang tidak seperti wajah, rambut, atau lengan, mungkin bukan daerah umum yang sering diperhatikan wanita. Padahal, keberadaan kaki sangatah penting. Kaki berfungsi untuk menopang tubuh kita, untuk berdiri dan berjalan. Tapi kadang, kita lupa merawat kaki dan baru sadar ada kapalan dan kulit yang pecah-pecah di bagian tumitnya. Doooh…

Masalah yang muncul biasanya berawal dari kaki yang kering, kulit pecah-pecah di tumit dan juga penebalan pada bagian-bagian tertentu di kulit kaki (biasa kita sebut kapalan). Nah, kapalan ini biasanya terjadi di daerah kulit yang kena langsung dengan alas kaki dan biasanya disebabkan oleh pemakaian stiletto, obesitas, gangguan dari tulang metatarsal atau juga karena ketidaknormalan cara berjalan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Rendam dengan Air Hangat
Pertama-tama, anda sebaiknya merendam kaki anda dalam air hangat terlebih dahulu. Selain memberikan sensasi relaksasi yang menenangkan, merendam kaki dalam air hangat juga akan melunakkan bagian kulit kaki yang kasar sebelum kita scrub dengan sikat kaki atau batu apung. Rendam kaki selama setengah jam 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal. Bila perlu, anda bisa menambahkan garam kasar untuk membunuh kuman-kuman di kaki. Tambahan susu dan beberapa minyak esensial lainnya bisa membuat kulit kaki lebih rileks dan lembut. Bila telah selesai, langsung gunakan lotion khusus kaki yang biasanya di desain dengan kadar moisturizer yang cukup tinggi.

Pedicure
Sesekali, memanjakan kaki dengan pedicure tidak ada salahnya bukan. Selain kaki jadi lebih bersih, pedicure juga membuat kuku-kuku di kaki anda makin cantik.

Kurangi Pemakaian Stiletto
Stiletto atau sepatu hak tinggi akan memberi kesan cantik dan seksi. Tapi kalau harus memakainya setiap hari, tentu akan menyiksa. Gunakan stiletto hanya pada acra-acara penting seperti pesta agar kaki anda bisa beristirahat.

Oleskan Minyak Zaitun
Minyak zaitun atau sejenis virgin coconut oil adalah jenis minyak yang kaya akan Vitamin E yang baik untuk kulit. Oleskan secara berkala untuk melembabkan kaki dan tumit yang kering.

Tampak mudah kan? Yuk, tampil cantik dengan kaki yang juga indah :D

Image by google

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Salam Kenal
Kaki adalah hal yg paling penting dalalm kehidupan, jika kaki mengalami masalah maka aktivitas akan terganggu.
Artikel ini sangat bermanfaat dan menambah informasi mengenai mengatasi kaki pecah-pecah dan kapalan,, thanks ya ^_^
tetapi akan lebih baiknya dalam menjaga kesehatan kaki, sebaiknya menggunakan kaos kaki wanita agar lebih indah *_*

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...