Kamis, 04 Agustus 2011

Kofta, Bakso Khas Negeri Taj Mahal

Di negeri ini siapa sih yang tidak mengenal bakso? Bahkan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama saja menyukainya ketika dulu ia tinggal di Jakarta. Tapi ternyata bakso tidak cuma ada di Indonesia, di Asia Selatan dan beberapa negara di Afrika juga mengenal bakso yang mereka sebut kofta.

Apa sih kofta (bahasa Inggris kufta atau kefta)? Kok kayak sering denger ya? Yep, kalo anda adaah tipe orang yang suka tamasya ke restoran India atau restoran Timur Tengah, nama kofta ga mungkin asing di telinga. Kofta biasa disajikan sebagai menu makanan pembuka di India. Meski sama bulat seperti bakso, kofta dibuat dari bahan yang beda (tapi hampir mirip juga sih), yaitu daging kambing. Di India Timur, kofta malah dibuat dari potongan udang, paprika, ikan dan pisang mentah.

Hidangan India dan Timur Tengah memang tidak pernah jauh dari kambing dan rasanya yang dahsyat. Kofta ini adalah salah satunya. Meski disinyalir sebagai menu pembuka, butiran kofta sebenarnya cukup besar. Cukup banget untuk mengganjal perut kita yang lapar. Apalagi, karena kofta dibuat dari daging kambing yang hanya dicampur rempah-rempah dan bawang. Selain campuran tersebut, biasanya bahan lain yang sering dicampur adalah bulgur, telur dan sayuran.

Uniknya makanan ini adalah, ketika campuran suatu bahan mendominasi, namanya akan berubah. Misalnya, kofta yang didominasi campuran potongan sayuran disebut lauki kofta, sedangkan kofta yang berisi teur disebut nargisi kofta. Kofta biasa disajikan dengan cara dibakar, digoreng, atau direbus dan disajikan dengan saus kental sebagai pendampingnya.  

1 komentar:

Obat Penurun Kolesterol mengatakan...

pengen mencobanya gan kofta ini, kaya nya enak sekali..

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...