Selasa, 02 Agustus 2011

Cek Halal Kosmetik Anda!

Wanita dan kosmetik bagai sayur tanpa garam. Kosmetik tidak hanya berguna untuk mempercantik wajah wanita tapi juga jadi solusi untuk masalah kecantikan.  Dengan menggunakan kosmetik, anda tidak perlu takut keriput dan flek hitam akan terlihat. Efek “mata panda” juga bisa disembunyikan dengan kosmetik. Tapi, apakah anda sudah mengecek kehalalan kosmetik yang anda pakai?

Bagi para muslimah, kehalalan kosmetik yang dipakai sangatlah penting. Meski demikian, tidak berarti wanita non-muslim bisa mengindahkan hal ini. Menggunakan kosmetik yang halal, selain tidak menggangu ibadah, juga akan memberikan rasa aman dan nyaman, karena anda tidak perlu khawatir dengan keamanan produk bagi kecantikan kulit anda. Berikut ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih kosmetik yang halal dan aman. 

Label Halal
Pastikan label halal di produk yang anda beli menyertakan label halal dari MUI. Tanpa label halal MUI, anda patut waspada.

Komposisi Bahan
Memeriksa komposisi bahan sangat penting, karena anda harus memastikan bahwa tidak ada zat haram seperti alkohol atau bahan-bahan yang mengandung babi dalam produk tersebut. Biasanya komposisi bahan ditulis dengan nama iliah atau nama dagang. Tidak ada salahnya untuk bertanya pada ahlinya tentang nama-nama tersebut atau anda bisa mencari informasi melalui internet.

Cara Produksi

Proses produksi suatu produk bisa saja melibatkan proses yang tidak halal. Tugas anda adalah mencari tahu cara produksi barang tersebut, illegal atau tidak, pabriknya melanggar hukum atau tidak dan lainnya. Terlebih jika produksi barang melibatkan binatang yang disembelih, walaupun tidak mengandung babi, namun jika disembelih dengan cara yang tidak halal, maka produk tersebut tetap saja haram. 

Mudah Dibersihkan
Sebisa mungkin memilih produk yang tidak menghalangi masuknya air ketika berwudhu. Hal ini penting, karena ada banyak produk yang susah luntur hanya dengan basuhan air. Ini akan jadi masalah karena anda perlu menjalankan shalat lima waktu, sedangkan biasanya kita hanya punya waktu sebentar untuk shalat. Padahal membersihkan kosmetik dan memakainya kembali akan sangat memakan waktu, apalagi jika anda sedang bekerja. 

3 komentar:

pramesti mengatakan...

Nice info gan... Thank you,,

adeline mengatakan...

sip gan :D

Sofiatul Mualimah mengatakan...

kehalalan untuk konsumsi perlu diperhatikan, seperti makanan, minuman dan tak lupa kosmetik. :) dapatkan info tentang bahaya kosmetik tak halal, dan SOLUSINYA. kunjungan balik ya? di tunggu di www.siteislami.co.cc

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...