Rabu, 26 Oktober 2011

Kuliner Palembang, Sajian Wisata Kuliner SEA Games 2011

SEA Games 2011 tinggal menghitung hari. Rasanya berdebar-debar karena SEA Games kali ini, negara kita, Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah perhelatan olahraga terakbar se-Asia Tenggara. Karena Palembang dan Jakarta telah ditetapkan sebagai tempat berlangsungnya acara ini, saya jadi ingin berbagi dengan Anda semua tentang wisata kuliner di event SEA Games 2011.

Hmm… postingan kali ini saya akan mengajak anda ke Kota Palembang! Kota yang terkenal akan jembatan Ampera ini memang tempat asyik untuk berwisata kuliner. Karena posisinya yang stategis, kota ini banyak mendapatkan pengaruh cita rasa dari kebudayaan Melayu dan Peranakan. Beberapa sajian kuliner Kota Palembang berikut ini patut anda coba.

Kota Palembang sudah sangat terkenal dengan makanan khasnya, yaitu Pempek. Coba deh, siapa sih yang ga tau pempek kapal selam yang terkenal itu? Kuah pempek yang disebut cuko mungkin adalah rahasianya. Rasanya asam dan segar. Belum lagi rasa ikan tenggiri yang memang sangat berasa di pempeknya. Pempek ini ada berbagai jenis, mulai dari pempek lenjer, kulit, panggang dan lenggang. Semuanya enak, apalagi jika dimakan setelah lelah menonton pertandingan SEA Games. 
Pilihan makanan lainnya yang tak kalah enak adalah martabak HAR. Nama martabak HAR sebenarnya adalah singkatan dari ‘Haji Abdul Rozak’, nama pencipta makanan ini di Palembang, sekitar 60 tahun yang lalu. Martabak HAR adalah sejenis martabak telor yang cara memasaknya sedikit berbeda dengan martabak telor lainnya. Telur bebek pada martabak HAR tidak dikocok dengan bahan lainnya, melainkan diceplok di atas adonan kulit martabak. Biasanya disajikan dengan kari kental dan cabe rawit cacah yand dicampur cuka. Lumayan mengenyangkan untuk bekal menonton SEA Games.
Juga ada banyak menu lainnya yang patut anda coba saat nanti SEA Games berlangsung. Misalnya mie celor, aneka pindang, tekwan, kerupuk kemplang dan es kacang Palembang. Semuanya cocok untuk dicoba dan mudah ditemukan di seluruh kota.

Uniknya, berwisata kuliner di Palembang kini makin praktis karena tersedia jasa khusus untuk mengantar para wisatawan ke tempat-tempat kuliner seperti restoran atau toko oleh-olehnya. Tapi tidak ada salahnya jika anda kesana pada musim SEA Games nanti. Pasalnya, karena pasti akan ada banyak wisatawan, dan tentunya akan makin banyak pilihan kuliner untuk anda. Apalagi, kemungkinan akan ada kue-kue atau sajian yang akan jarang ditemukan pada hari biasanya, seperti Kue 8 Jam, Kue Lapis, Bolu Kojo dan Engkak Ketan.

Jadi, apa anda sudah siap berangkat ke Palembang? Dan jangan lupa berikan dukungan untuk kontingen Indonesia supaya bisa jadi juara. Oiya.. di FB ada juga lho halaman fan page pendukung Indonesia untuk SEA Games XXVI, yaitu SEA Games XXVI, INDONESIA JUARA, cukup di “like” untuk bergabung dengan grup ini, mudah kan? Selanjutnya, sampaikan deh pesan-pesan dukungan Anda via fan page SEA Games tadi. Yuk kita dukung tim Indonesia!!

sumber: http://wisatapalembang.com/http://www.campur-aduk.com/
gambar: ariefz45.wordpress.com, wisatapalembang.com

4 komentar:

Aji Prast mengatakan...

pilih mpek-mpeknya aja deh... enak banget kayaknya.

adeline mengatakan...

haha, boleh boleh.. bisa delivery juga dari jakarta kok :)

API Airline mengatakan...

asik nih makananya,
cz bisa bikin para atlit jadi semangat,.
asikk

Anonim mengatakan...

hahahaha asali sumele

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...