Senin, 24 Oktober 2011

Mudah Mengantuk Karena Kangkung???

Pagi ini saya sarapan dengan tumis kangkung. Tapi ibu saya bilang, jangan makan kangkung kebanyakan, karena nanti di kantor akan mengantuk. Eh… Saya kaget dong mendengarnya. Apa benar ada mitos semacam itu?

Langsung saja saya searching all about kangkung. Dan hasilnya?? Ternyata kangkung tidak menyebabkan kantuk seperti mitos yang saya dengar tadi di rumah.

Kangkung memang dipercaya sebagai sayuran yang katanya bisa menyebabkan kantuk. Ini karena kangkung mengandung komponen kimia yang bersifat sedative (menenangkan). Komponen ini dapat membuat seseorang yang mengkonsumsi kankung menjadi lebih tenang dan rileks, yang ujung-ujungnya bisa membuat ngantuk. Tapi, semua tergantung pada si pengkonsumsi. Karena ada beberapa orang yang dapat dengan mudah terrangsang kantuk dan ada juga yang tidak, setelah mengkonsumsi kangkung.

Malah, ada banyak sayuran atau makanan lainnya yang bisa menyebabkan kantuk, lebih dari seporsi kangkung. Misalnya asparagus, kembang kol, brokoli, bit, susu, kerang dan telur.

plecing kangkung, kuliner khas Bali
Jadi, jangan percaya saat anda makan kangkung dan ada orang lain yang mengatakan bahwa anda akan mengantuk setelahnya. Kangkung justru mengandung banyak betakaroten dan purin. Betakaroten adalah provitamin A yang nantinya tidak akan digunakan langsung dalam tubuh, tapi disimpan terlebih dulu dalam sel hati sebagai cadangan nutrisi. Sedangkan purin adalah salah satu komponen asam nukleat yang juga terdapat di dalam tubuh. Tapi, hati-hati, karena purin dalam kangkung tidak bleh terlalu banyak diknsumsi oleh penderita asam urat.

Selain itu, kangkung ternyata sangat baik bagi anda yang sedang diet. Kangkung sangat baik bagi sistem pencernaan  karena bisa menyembuhkan sembelit dan wasir (menurut penelitian yang dilakukan di Filipina). Sayuran hijau ini juga ampuh untuk menetralkan racun di tubuh. Tapi ingat, jangan memasak kangkung terlalu lama agar nutrisinya tetap terjaga ya!

Cheers!

Sumber: http://netsains.com
Gambar: bisnispertanian.com, kuliner.mitrasites.com

7 komentar:

Arif Zunaidi Riu_aj mengatakan...

Masakan favorit ibuku tuh! Kangkung! hehehe

adeline mengatakan...

sama berarti ama ibuku :D

Mukti Effendi mengatakan...

Ternyata giru ya relitasnya. Saya sendiri selama ini percaya loh bahwa kangkung membuat mengantuk ( enak banget tidur ). Karena memang kenyataan yang saya alami gitu.

adeline mengatakan...

haha, mungkin emang karena ketahanan tiap orang beda2 kali yah. saya juga pernah beberapa kali abis ngeliwet bareng (pake lauk kangkung)pules banget. mungkin ngaruh juga dr porsi makan yg bnyk hihihi

Andy mengatakan...

Persepsi itu muncul karena mitos di masyarakat yang berkembang sejak jaman dahulu aja,tapi pada kenyataan tidak membuat kantuk kok

adeline mengatakan...

gudpoint mas andy :)

Obat Cepat Langsing mengatakan...

saya kira mitos itu beneran lho gan, makan kangkung menyebabkan kita mengantuk.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...