Selasa, 11 Oktober 2011

Uniknya Bento, Bekal Makan ala Jepang

Jepang adalah negara yang terkenal akan teknologi dan kreatifitasnya yang tinggi. Selain itu, negara ini juga memiliki hal-hal unik yang selalu menarik untuk di bahas, terutama makanannya. Kali ini, saya akan membahas tentang bento, yaitu bekal makan siang ala Jepang.

Bento atau o-bento adalah istilah dalam bahasa Jepang untuk makanan bekal yang isinya berupa nasi dan lauk pauknya. Sebenarnya, bento ini bisa disajikan untuk piknik, makan siang, atau makan malam. Uniknya, bento di Jepang itu ada macam-macam. Tapi, ciri khas utamanya terletak pada pengaturan warna lauk pauknya. Hasilnya, bento tidak hanya enak di lidah tapi juga enak di mata.

Di Jepang sendiri, bento bisa dibuat sendiri di rumah, atau dibeli di supermarket terdekat. Ukuran dan isinya pun bervariasi. Selain itu, bentuk bento juga bisa dikostumisasi menjadi bentuk tokoh kartun, benda atau binatang. Hal ini biasanya dimaksudkan agar anak-anak yang tidak doyan makan jadi mau memakan bekal makannya bila melihat bentuk bento yang lucu. Berikut ini adalah beberapa gambar bento unik yang saya temukan di dunia maya.






Membuat bento merupakan salah satu seni di Jepang. Saking populernya, membuat bento dengan tema karakter tokoh kartun dan semacamnya malah menjadi kompetisi tahunan di sana.

Apa anda tertarik untuk membuatnya?

Di Indonesia, sudah ada banyak orang yang menawarkan jasa pembuatan bento. Terutama untuk anak-anak yang susah makan. Anda juga bisa kursus membuat bento lho. tapi saying, harganya masih cukup mahal. Tapi buat yang ingin coba-coba sendiri di rumah, tidak ada salahnya kok.

Selamat berkreasi! ^^

Sumber: wikipedia
Gambar: kaskus

2 komentar:

Unknown mengatakan...

bento nya lucu2......

www.momsandlovelykids.blogspot.com

Obat Pelangsing Tubuh Alami mengatakan...

lucu sekali macam-macam bekal makanan dari bento itu gan.. terimakasih..

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...