Kamis, 27 Oktober 2011

Halloween Seru di Negeri Paman Sam

Happy Halloween
Sebentar lagi akhir bulan Oktober menjelang. Anda tau apa yang menanti kita akhir bulan ini?? Ya, Halloween!! Tanggal 31 Oktober biasanya diperingati sebagai hari Halloween. Meski hampir seluruh dunia tau tentang perayaan ini, perayaan yang paling meriah dan paling seru tentunya terjadi di negeri asalnya Paman Sam, Amerika Serikat.

Sejarah Halloween ternyata sangat panjang. intinya sih begini, jadi Halloween itu dirayakan sebagai sebuah perayaan untuk menghalau bahaya dari para hantu (atau orang yang sudah meninggal) terhadap kehidupan manusia yang masih hidup.  Halloween dirayakan pada akhir musim gugur (bulan Oktober) dan awal musim dingin (bulan November) karena orang-orang jaman dulu percaya bahwa momen ini, yaitu tanggal 31 Oktober, adalah momen pembatas antara dunia orang yang masih hidup dan dunia orang yang sudah mati. Biasanya, saat Halloween orang-orang akan berpakaian layaknya hantu untuk mengelabui para hantu agar mereka tidak mengganggu kehidupan orang-orang yang masih hidup. 
anak-anak memakai kostum saat Halloween
Di Amerika Serikat, Halloween sepertinya merupakan pesta yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak di AS. Mereka biasanya senang karena saat Halloween adalah saatnya memakai kostum dan mendapat permen. Di sana, perayaan Halloween adalah perayaan kedua setelah Natal yang paling meriah dan seru.

Halloween yang seru ini tak akan lengkap tanpa kehadiran Jack O’Lantern, si labu yang diukir dengan wajah seram dan diberi lampu/lilin didalamnya. Ikon Halloween yang satu ini pasti akan anda temui di depan rumah-rumah di AS saat malam Halloween tiba dan semua lampu rumah dimatikan.
Jack-O'Lantern
Ada kegiatan wajib yang harus dilakukan dalam peringatan Halloween di AS, yaitu trick or treating. Yaitu kegiatan ketika anak-anak kecil secara berkelompok akan berkeliling ke beberapa rumah (kompleks perumahan) dan mengetuk pintu rumah sambil berteriak “trick or treat!”. Artinya mereka yang rumahnya didatangi oleh anak-anak ini harus memberikan permen atau mereka akan menjahili rumah orang itu dengan tisu toilet atau mencoret-coret jendela rumah dengan sabun.

Meski perayaan ini juga sudah banyak diadaptasi oleh negara lain, seperti Halloween yang paling seru memang hanya ada di negari Paman Sam. Karena hampir seluruh Amerika merayakannya. Belum lagi, di AS, ada beberapa kota yang terkenal sebagai Ibu Kota Halloween, yaitu Kota Anoka di Minnesota dan Kota Salem di Massachusetts. Belum lagi, di New York. Di kota Big Apple ini malah sering diadakan perayaan Halloween terbesar, mungkin di seluruh dunia karena disiarkan juga secara live di TV.

Well, Happy Halloween!!! >..< 

sumber: boulevard magazine
gambar: dailycontributor.com, www.wegmans.com, www.awise.org

6 komentar:

I'am Jack mengatakan...

nice blog

ASAZ mengatakan...

ini tahayul ala amerika

cari kerja mengatakan...

mksh yaa infonya...
sblumnya q gag tao hlloween to kaya pa.....,
skrg q jd tahu,,,,,
mksh yaaaa


komment balik yaaa
follow blog Q n tuker link jg yaaaa

adeline mengatakan...

@I'am Jack: thanks ^^

@asaz: iyah...budaya mereka mah gitu.. dsini juga sama ah, bnyak tradisi yg lebih mirip tahayul

@cari kerja: sama2 :)
sip deh

Kevin mengatakan...

Jadi pengen merayakan helloween lagi seperti waktu kecil dulu. :)

Salam Kenal,
Kevin
Blog : www.nostalgia-90an.com
Nostalgia Segala Sesuatu Pada Tahun 90an

adeline mengatakan...

hahhahaaa....

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...