Kamis, 20 Oktober 2011

Falafel, Gorengan Khas Timur Tengah


Bukan cuma orang Indonesia yang mengenal dan suka gorengan, orang Timur Tengah juga ternyata suka gorengan. Ya, falafel adalah gorengan khas Timur Tengah. Berbeda dengan gorengan di Indonesia yang didominasi dengan tepung terigu, falafel dibuat dari kacang giling (biasanya adalah kacang chickpeas atau kacang arab) ditambah telur, bumbu dan sedikit tepung. Dibentuk bulat pipih dan digoreng dengan minyak panas.

Falafel ini biasanya dibungkus dengan roti pita atau lafa, yaitu roti khas Timur Tengah (atau Mediterania) yang pipih dan biasanya dipanggang sebelum disajikan. Roti pita ini istilahnya adalah makanan pengganti nasi di sana, karena kandungan karbohidratnya hampir sama dengan nasi.


Cara menyajikannya mudah. Sama halnya ketika kita menyajikan gorengan. Apalagi falafel cocok dengan hampir semua jenis saus dan salad. Misalnya dengan saus salsa, saus pedas, saus keju mayo atau mungkin dengan yogurt! Gorengan pun kini bisa tampil menarik dan sehat.

Cemilan ini awalnya berasal dari Mesir. Berasal dari kata ‘falafil’ dalam bahasa Arab yang artinya lada yang pedas karena kacang chickpeas yang pedas. Ada yang mengatakan bahwa falafel ini adalah makanan asli orang Yahudi, padahal sebenarnya orang Israel-lah yang ikut teralkulturasi budaya orang Timur Tengah yang suka falafel. Apalagi ketika mereka sudah mulai menjajah Palestina.

Di Timur Tengah, falafel merupakan cemilan khas untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan. Apa anda ingin mencoba membuat falafel sendiri di rumah? Saya akan berikan videonya yang saya ambil dari youtube. Oh iya, kacang chickpeas bisa dibeli dalam kemasan kalengan. Selamat mencoba!


sumber: wikipedia
gambar: http://www.pollsb.com

9 komentar:

JIMMY mengatakan...

mirip2 kebab yaa??

mampir balik yaa ^^

SALAM,
JIMMY

adeline mengatakan...

mirip sih..hehe cuma ga pake daging :D

rendy pratama mengatakan...

kayaknya lebih sehat nih..boleh ngutip resep videonya nih bu....!!

ceritatugu mengatakan...

oh...ternyata di Timur Tengah ada gorengan juga,salam kenal

adeline mengatakan...

@rendy: silahkan mas :)

@cerita tugu: hohoho, istilahnya sih gitu. salam kenal juga yah :)

Anonim mengatakan...

Hmm. kira kira masakan timur tengah dari negara mana ya.

Anonim mengatakan...

Mmm.

Unknown mengatakan...

kok ada hmm lagi.

Obat Penurun Kolesterol mengatakan...

yummy sekali makanannya gan..

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...