Rabu, 07 September 2011

Pepaya, Obat Alami Dari Akar Hingga Buah

Siapa yang tidak tau khasiat dan manfaat buah pepaya, selain baik untuk pencernaan, buah ini juga mengandung banyak Vitamin A dan C. Pepaya atau papaya dalam Bahasa Inggris, adalah salah satu buah empuk yang sering kita temui sebagai buah yang dapat dimakan langsung atau dicampur dengan masakan lain. Tidak hanya buahnya yang bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi, seluruh bagian dipohonnya juga bisa manfaatkan sebagai obat-obatan alami. Tidak percaya? Simak yang berikut ini.

Buah Pepaya
Buahnya yang muda bisa disayur, yang hampir matang bisa dirujak atau dibuat manisan, dan buahnya yang matang dapat dimakan langsung sebagai pencuci mulut atau campuran pudding. Khasiatnya, seperti yang telah disebutkan di atas, sangat baik untuk pencernaan kaya akan Vitamin A dan C.

Daun Pepaya
Perasan daun pepaya yang ditumbuk halus bisa digunakan sebagai obat malaria, kejang perut dan sakit panas. Malahan, orang-orang di Indonesia Timur menggunakannya untuk mengobati penyakit beri-beri.

Bunga Pepaya
Bunga pepaya yang telah direbus dapat diolah jadi masakan yang enak. Khasiatnya juga banyak, bisa menambah nafsu makan, memebersihkan darah juga ampuh mengatasi penyakit kuning. Kalo dirumahku, biasanya suka ditumis dengan ikan teri.

Biji Pepaya
Biji pepaya yang ditumbuk halus dan dicampur dengan cuka juga ampuh untuk mengatasi masuk angin. Tapi hati-hati, anda yang sedang hamil dilarang mangatasi masuk angin dengan makan biji pepaya ini, karena bisa menyebabkan keguguran.

Akar Pepaya
Akar pepaya yang direbus bisa dimanfaatkan sebagai obat cacing kremi. Selain itu, anda bisa merendam akar pepaya segar dan airnya bisa digunakan untuk penyakit ginjal dan kandung kemih.

Batang Pepaya
Katanya, dulu batang pepaya bisa dimakan. Caranya dengan memarut dan memeras batangnya hingga semua getahnya hilang, lalu dicampur dengan garam atau gula. Saya masih belum bisa ngebayangin rasanya sih.

Cheers!

Sumber gambar: Google images

7 komentar:

Unknown mengatakan...

hehehe....dua yang terakhir kayaknya baru tau dehhh thanks..bermanfaat

kerajinan tembaga boyolali mengatakan...

bisa nyoba dech

adeline mengatakan...

@efri yaldi: hehe, makasih ya, thanks udah maen ke blog ku :)

adeline mengatakan...

@galeh art: monggo dicoba :)

koro pedang mengatakan...

wah baru dengar nih ternyata akar pepaya juga bisa jadi obat.thanks,informasinya sangat bermanfaat bagi saya.

adeline mengatakan...

@koro pedang: iyah, sama2 juga ya. mudah2an bermanfaat :)

Obat Penurun Kolesterol mengatakan...

memang benar buah pepaya itu menyimpan beribu manfaat , mulai dari daun hingga ke biji pepayanya juga ada manfaatnya,.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...