Jumat, 16 September 2011

Cup Cake, Awalnya Bernama Fairy Cake

Fairy cake, jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris, maknanya akan menjadi kue peri. Tahukah anda, bahwa ‘kue peri’ iniah asal mula dari cupcake? Kita tau bahwa cupcake adalah kue berukuran kecil yang biasanya berwadahkan kertas kue warna warni. Rasanya bervariasi mulai dari coklat, vanilla atau rasa kue lainnya. Sebutan fairy cake ini awalnya digunakan di Australia dan Inggris.

Sebutan fairy cake terinspirasi dari bentuk dan ukuran cupcake yang lumayan kecil. Orang-orang Inggris mengasumsikan bahwa kue dengan ukuran seperti itu cocoknya ya untuk peri yang kecil imut-imut gitu. Makanya kue ini kemudian disebut fairy cake.

Di Amerika juga ada cupcake lho, yang sebenarnya adalah muffin. Oh ya, anda mungkin jadi bingung bagaimana cara membedakan cupcake dan muffin, yang notabene memiliki bentuk sama. Jadi, jaman dahulu kala, muffin khas orang Amerika biasanya dibuat dengan alas kertas seperti halnya cupcake Inggris. Karena persamaan inilah, banyak orang yang lalu berasumsi bahwa cupcake=muffin dan begitu pula sebaliknya.

Sebenarnya, menurut Wikipedia, cupcake dan muffin itu berbeda. Muffin itu adalah roti dengan ukuran yang lebih kecil dan dialasi dengan kertas yang berbentuk seperti gelas (cup). Sedangkan cupcake adalah kue. Bahan dasarnya tentu saja berbeda. Muffin lebih seperti roti, tampilan luarnya lebih padat dan mengembang sedangkan cupcake biasanya bertekstur seperti kue yang lebih lembut. 
Selain variasi rasa, cupcake juga kaya akan variasi toping. Toping ini adalah hiasan yang ada di atas cupcake. Bahannya bisa macam-macam, mulai dari whipped cream, pondan, saus coklat, saus stroberi, serpihan kacang almond dan masih banyak lagi. Semuanya terserah anda. Yang sekarang ini paling banyak diminati adalah cupcake dengan hiasan yang lucu-lucu, seperti cupcake yang berhias huruf, angka, gambar atau tokoh kartun.
Jika bisa diinterpretasikan lebih jauh lagi, jika cupcake disebut fairy cake, berarti kita yang makan cupcake bisa disamakan dengan para peri imut seperti Tinkerbell dong? Wow.

Sumber: wikipedia
Gambar: google images

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Nice info... Salam kenal, jangan lupa kunjungi juga blog saya. 'Master Chef' di http://gedekaz.blogspot.com/
Terimakasih.

adeline mengatakan...

oke..thanks udah main2 kesini yah

ningsih mengatakan...

hi adeline salam kenal ya, klo ada waktu mampir main ke blogku ya http://dniccakes.blogspot.com..thanks ya

obat penurun kolesterol mengatakan...

oh saya baru tahu cup cake nama awal nya fairy cake..

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...