Selasa, 18 Oktober 2011

Permen Khas Negara-Negara di Dunia

Siapa yang tidak suka permen?? Saya yakin semua orang pasti pernah dan suka dengan cemilan bercita rasa manis ini. Permen atau kembang gula adalah sejenis gula-gula (confectionary) yang biasanya dibuat dari gula, air dan sirup fruktosa. Karena kandungan gulanya yang tinggi, hati-hati ya buat yang sedang diet.

Cemilan manis ini ada hampir di seluruh dunia. Berikut ini ada daftar permen khas negara-negara di dunia.

Nougat
Nougat adalah permen khas negara Perancis. Dibuat dari gula atau madu dengan tambahan kacang panggang (kenari, pistachio atau hazelnut) dan buah kering. Ada 2 macam nougat, yaitu nougat putih (dibuat dari kocokan putih telur) dan nougat cokelat yang terbuat dari karamel gula. Biasanya, nougat ini dipakai juga untuk isian batang permen atau coklat. Yummy.

Turkish Delight
Seperti namanya, permen ini berasal dari Turki. Meski demikian, nama asli permen ini adalah Lokum atau Cyprus Delight. Kembang gula yang satu ini dibuat dari pati gel dan gula. Lembut, lengket dan ada sensasi potongan kacang seperti walnut atau almond plus taburan gula halus.

Gummy Bear
Eh, saya pikir gummy bear berasal dari negara Paman Sam. Ternyata, gummy bear asalnya dari Jerman dengan nama asli gummibar atau gummibarchen. Diciptkan pertama kali tahun 1922 oleh hans Riegel di kota Bonn. Teksturnya yang kenyal mebuat anak-anak jadi ketagihan. Di Jerman, bentuk gummy bear tidak selalu beruang (bear). Namun, kita mungkin sudah terbiasa melihat gummy bear versi beruang ya.

Li Hing Mui
Dari namanya, kita bisa tebak kalau permen ini asalnya dari Cina. Li hing mui secara literal artinya ‘buah plum yang berkelana’. Permen ini adalah buah plum yang dikeringkan dan dieri taburan bubuk plum. Cita rasanya seringkali disebut unik, karena merupakan kombinasi rasa manis, asin, dan asam. Rasanya juga sangat kuat. Selain dijual di Cina, li hing mui juga bisa ditemukan di Hawaii. Bubuk plum bisa ditabur di segala jenis permen dan minuman beralhkohol.

Botan Rice Candy
Botan rice candy adalah permen kunyah rasa lemon yang dilapisi dengan kertas dari beras yang bisa dimakan. Kertas ini mulanya kering dan tampak keras, tapi ketika dimakan akan meleleh sendiri di dalam mulut. Permen ini adalah salah satu permen tradisional Jepang yang kini sudah banyak beredar di Amerika Utara.

Permen Jahe
Siapa bilang Indonesia tidak punya permen khas? Permen jahe adalah salah satunya. Terbuat dari jahe dan bercita rasa hangat. Cocok untuk semua suasana. You know the rests. Hehe 

Gambar: wikipedia, kaskus, chocablog

6 komentar:

Aji Prast mengatakan...

Wah permen, mau dong. Kalo saya pilih permen jahe aja deh, hangat di tenggorokan.

JIMMY mengatakan...

yang paling gw suka tuh naugat, rasanya enak banget + rasa madunya kerasa banget karena 100% madu asli tapi sayang harganya lumayan mahal sihh :(

SALAM,

JIMMY

mampir yaa ke blog gw http://entertainmentgeek-jimmy.blogspot.com/

adeline mengatakan...

@aji: hoho saya juga suka..rasanya pedes dan anget. lumayan buat kunyahan di jalan :D

@jimmy: hmm..emang enak ya. tapi sayang saya belom pernah ke prancisnya..hiks. langsung meluncur ke blog mu ya

Unknown mengatakan...

wawwww.. permen yang no 2 kesukaan gw to..
cumaan kalo udah nempel di gigi ngiu banget.

oya embak blog nya keren ni berwawasan..
cuman mungkin ada yang perlu di tambah seperti! readmore agar gak terlalu berat saat page halaman di buka..

atau gak embak bisa pake template rumah kaca bikinan saya..
untuk lihat spsivkasi nya.. silakan lihat di sini

http://brajapb321.blogspot.com/2011/10/download-template-rumah-kaca.html

disains nya cute

ZizahSweater mengatakan...

pingin nyoba permen turkish delight :(

Anonim mengatakan...

Artikel yang sangat menarik. Tapi permen yang Indonesia itu fotonya seperti manisan asam....

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...