Kamis, 01 Desember 2011

Hati-Hati Memasuki Umur 30

memasuki umur 30 seringkali menjadi momok bagi setiap orang

Ketika kita akan memasuki usia 30an atau yang sudah berkepala 3, seringkali kita merasa was-was tentang tubuh kita. Entah itu kerutan di kulit wajah, tubuh cepat lelah atau masalah kegemukan. Anda akan merasa berbeda waktu saat berumur 20an. Saya akan membahas beberapa hal yang akan berubah saat anda berumur 30 atau memasuki kepala 3. 


Yang pertama akan berubah adalah Metabolisme Tubuh.


Yang dimaksud dengan metabolisme adalah cara kerja tubuh untuk menyimpan dan membuang energi. Pada saat anda berumur 30 tahun tubuh tidak seimbang lagi, yang mengakibatkan tidak semua energi dapat disimpan, untuk kemudian diolah menjadi tenaga. 

Kecenderungan untuk beraktifitas menjadi sangat berkurang dibandingkan dengan usia sekitar 20 Tahunan. Akibatnya energi yang didapat dari makanan tidak tersalurkan dengan baik dan malah diubah menjadi lemak. Tubuh akan menjadi tempat penimbun lemak, dan kebanyakan terdapat disekitar perut. (oleh karena itu, ada kecenderungan perut buncit di umur-umur kepala 3).

Kita harus tahu, pada usia 30an, perkembangan tubuh berhenti, sedangkan perkembangan lemak sampai kapan pun tidak akan berhenti. Oleh karena itu sebaiknya anda berolahraga minimal 5 menit sehari untuk membakar lemak yang ada ditubuh anda.


Yang kedua adalah Kepadatan tulang dan Elastisitas Kulit.


Saat memasuki usia 30 tahun, tulang mengalami penurunan massa dan pengrusakan yang disebut juga dengan Osteoporosis. Wanita lebih banyak terkena osteoporosis dibandingkan dengan pria. Hal tersebut disebabkan oleh adanya penurunan hormone estrogen menjelang masa menopause akan memengaruhi penurunan massa tulang dengan sangat  cepat. Untuk mengatasinya anda harus mengkonsumsi susu rendah lemak setiap hari, dan rajin berolahraga setiap hari. Sebaiknya menghindari rokok.

Begitu juga dengan kulit. Di usia kepala 3, anda akan merasa muncul banyak keriput, kerutan dibawah mata, kaki, dan tangan. Faktor utama yang dapat mempercepat proses penuaan adalah stress, merokok, alcohol, dan kurang istirahat. Dan untuk mendapatkan kulit yang mulus dan sehat anda harus mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin A, C, dan E. Minimal 3 porsi setiap hari.


Yang ketiga adalah sistem Reproduksi berada di puncak perkembangan.


Dari dua hal diatas, ternyata masih ada sistem di dalam tubuh yang sedang mencapai puncaknya saat kita berumur 30, yaitu sistem reproduksi. Di saat usia sudah 30an sangat baik untuk menerima kehadiran seorang janin di dalam tubuh. Dibandingkan dengan usia yang baru 25 tahun, apalagi yang tidak pandai merawat kebugaran tubuhnya. Oleh karena itu jagalah kesehatan reproduksi anda dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan menghindari gaya hidup yang dapat merusak tubuh dari sekarang, demi masa depan yang cerah.


Semoga bermanfaat ya… 


Gambar: pestabaca.info, pinginsehat.info, latulite.blogspot.com, sendokgarpu.com

12 komentar:

Atma muthmainna mengatakan...

paling takut dengan kerutan diwajah...hehee,

CIAR mengatakan...

Artikel yang sangat informatif. Jaga kesehatan memang mutlak penting, bukan hanya agar tetap tampil cantik, tetapi juga supaya umur bisa lebih panjang.

Arif Zunaidi Riu_aj mengatakan...

menakutkanku nih.....
secara umurku sekarang udah kepala 3. kwkwkw

javatoya mengatakan...

Nice posting :-). Kendaraan saja harus diservis berkala. Ada yg hrs dibersihkan dan ada suku cadang yg diganti dgn yg baru.
Ketika organ2 tubuh kita mulai menyusut fungsinya, tidak mgkn kita mengganti dg suku cadang utuh yg baru. Gak ada yg jualan. Hiks.
Tapi Tuhan Maha Penyayang. sudah memberikan suku cadang tubuh kita melalui nutrisi yg terkandung dlm hewan dan tumbuhan. Nutrisi makro dan mikrolah yg bs mengganti sel-sel tubuh yg kita rusak. Rawat kesehatan dg rajin bersih2 (detoks), cukupi nutrisi makro dan mikro, olah raga, positive feeling n positive thinking.

adeline mengatakan...

@atma: saya jugaa...

adeline mengatakan...

@ciar: trims duah mau mampir..

adeline mengatakan...

@arif: hahaa.... nah loh sudah mau 30...

adeline mengatakan...

@javatoya: iya betul.. trims sudah mampir...

ockta mengatakan...

waduch kalo ngomongin umur gmn ya..?
jangan dech aku masih ingin tetap muda ... hahah..??
emmm join this site back ya...okoko

BagiBagiBlog mengatakan...

Hmm,, kalo memasuki umur 30 itu emang udah mulai terasa tubuh Kita mengalami kelemahan. Bisa dikatakan udah mulai tua deh... tapi mau gak mau emang semua Orang akan merasakan itu.. Wajar BGT kan!!!
Yg penting tetep menjaga kesehatan tubuh Kita..
Selalu melakukan hidup sehat & hati2 dalam pola makan.. biar tubuh Kita tetep bugar!!

adeline mengatakan...

hayoo.... yang sudah mau memasuki umur 30.. jaga2 kesehatan yaa... hehe

arie5758 mengatakan...

wah kalo aku bukan mau masuk lagi, tapi udah masuk.. berarti siap2 berkerut nih :D

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...