Senin, 19 Desember 2011

Banyak Jalan Menuju Korea!


Sudah menjadi rahasia umum, jika pengaruh Korea sudah merajalela di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Lihat saja, makin hari semakin banyak acara televisi atau radio maupun online yang menayangkan semua tentang negara KPOP tersebut. Lantas apa efeknya? Ya jelas, kita masyarakat menjadi ‘addict’ dengan apa saja yang berbau Korea.



Satu hal yang saya cermati adalah bagaimana negara Korea Selatan, khususnya bidang pariwisatanya sangat bagus dalam mempromosikan segalanya. Mereka terlihat sangat mendukung bagaimana artis atau entertainer negaranya berkembang dan efeknya akan menambah jumlah wisatawan untuk berkunjung ke negaranya. Suatu strategi pasar yang sangat bagus dan perlu ditiru oleh pemerintah kita.

Lalu bagaimana dengan masyarakat Indonesia sendiri menyikapi demam Hallyu yang sedang melanda? Menurut saya, drama dan KPOP datang disaat yang tepat. Bukan apa-apa, kita pasti sudah jenuh dengan kondisi sinetron Indonesia yang terkenal dengan stereotypenya (ya sudah pada tahu lah…) atau dengan band-band yang ‘aduhai’. Saya merasa kedatangan KPOP dan serial drama korea di televisi menghadirkan angin segar bagi dunia entertainment Indonesia. Dan hasilnya bisa kita lihat sekarang, bagaimana mayoritas masyarakat Indonesia (tua muda kakek nenek om tante) sudah positif terjangkit virus KPOP..hehe.. coba tanya siapa yang tidak kenal SNSD, Super Junior, atau drama Korea di televisi: Full House, Jan Geum, dll. Hampir semua lapisan masyarakat (kaya miskin-tua muda) pasti mengenal (minimal pernah tahu/melihat)

Dari satu lagi, efek lanjutan dari demam KPOP adalah keinginan untuk berkunjung ke negara asal atau melihat langsung idolanya. Atau bisa mengikuti kegiatan yang berbau korea. Lihat saja bagaimana penuhnya konser-konser artis korea di Indonesia (bahkan sama atau lebih dari artis Amerika/Eropa), atau bagaimana minat masyarakat saat diadakan festival-festival Korea atau informasi beasiswa/pendidikan fair, atau lomba-lomba dengan hadiah jalan-jalan ke Korea. pokoknya apa saja yang bisa mengantarkan kita ke negara Gingseng tersebut.

Contohnya tidak usah jauh-jauh, saya saja. Setelah terpengaruh teman dalam menonton serial drama korea, saya jadi ‘addict’ dengan negara tersebut dan suka mencari informasi tentang negara tersebut. Dan baru-baru ini ada lomba My Korea Winter Story (sharing pengalaman) dari KTO Indonesia di fesbuknya dengan hadiah free tiket ke Korea. Walaupun iseng-iseng, tetap saya berharap saya yang menang.hehehe 

Dan saya yakin pasti banyak dari saya yang berbuat demikian.  Saya rasa itu wajar dan lumrah, karena demi sesuatu yang kita kagumi dan inginkan, semua jalan pasti akan dicoba..hhahaha…
Oya, untuk sekedar referensi bagi pembaca, saya akan membagikan beberapa contoh acara atau kegiatan yang bisa dijadikan sarana untuk kesempatan kita jika ingin tahu lebih banyak tentang Korea atau bahkan bisa pergi ke Korea. (saya akan coba rangkumkan untuk para pembaca)



Pertama-tama, saya mulai dari event-event dengan skala besar yang sedang berlangsung di Indonesia sekarang ini:
Galaxy Superstar di Indosiar


Galaxy Superstar (mulai Januari 2012) merupakan Event pencarian bakat khusus masyarakat Indonesia (I-POP) yang ingin menjadi K-POP. Program ini sudah dirancang selama 1 tahun dan dengan mendatangkan ahli K-Pop (antara lain: Kim JinWoo & Kim DoHun)  dan musisi dan Producer terbaik dari Korea. Rencananya proses seleksi akan dilakukan di 5 kota di Indonesia, yaitu : Jakarta, Medan, Makasar, Surabaya, dan Semarang.Pemenang akan mendapat hadiah untuk terbang ke Korea dan mendapatkan pelatihan vokal dan training khusus dari para musisi yang telah melahirkan banyak bintang K-Pop. Bagi mereka yang senang dengan industri hiburan, acara ini merupakan salah satu sarana terbaik. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung ke: Galaxy Superstar

My Korea Winter Story, dari KTO Indonesia

Merupakan event lomba ( 1 Desember-20 Desember 2011) yang juga diadakan Korea Tourism Organization (KTO) Indonesia dengan hadiah Free tiket ke Korea. Caranya mensharingkan pengalaman kita (baik yang sudah pernah ke Korea ataupun belum, yang berkaitan dengan musim dingin di Korea). (saya juga ikutan event ini..hehe..) informasi lebih lanjut: My Korea Winter Story.

Share Your Dream, Destination in Korea dari KTO Indonesia


Merupakan Event Lomba (16 Desember-31 Desember) dengan hadiah ke Korea Gratis dari Korea Tourism Organization (KTO) Indonesia yaitu dengan membuat tulisan komentar dari beberapa pilihan cerita yang disediakan dan nanti akan dipilih yang paling menarik untuk mendapatkan hadiah ke Korea gratis. Ini merupakan event yang cocok bagi mereka yang tidak terlalu tertarik terhadap acara ‘show off’ seperti event di atas. Untuk tau lebih lanjut bisa buka di Share Your Dream, Destination in Korea.
Ketiga event diatas merupakan beberapa lomba yang hadiah ke Korea. Nah, sekarang saya akan membagikan beberapa kegiatan yang lumayan kecil namun tidak salah untuk disimak atau diikuti (terutama bagi mereka yang menyukainya)

Pemutaran Film Korea, dari Pusat kebudayaan Korea


Pusat Kebudayaan Korea di Jakarta, memberikan kesempatan bagi kita para pecinta drama atau film korea untuk menonton film Korea. Mereka memfasilitasi dengan memutarkan film Korea (booking online terlebih dahulu). Yang paling dekat tanggal 21 Desember ini. Untuk informasi lebih lanjut: Korea Cultural Center Indonesia

Dancers Audition dari KG Entertainment.


Merupakan audisi dancing bagi mereka yang ingin tampil menjadi Cover dance KPOP. Event-event seperti ini saat ini kelihatannya sudah menjamur di Indonesia. Kita lihat bagaimana hampir semua channel televisi memiliki program acara KPOP dengan menampilkan boyband atau girlband baru dan cover dancenya. Salah satunya adalah KG Entertainment. Informasi lebih lanjut: KGEntertainment

Nah, demikan beberapa kegiatan event yang bisa saya sharingkan ke kalian para pembaca sebagai tambahan informasi sarana bagaimana kita bisa mengenal lebih lanjut tentang Korea. Semoga membantu. Satu hal dari saya, ada kesempatan, kenapa tidak..hehe


Sumber & Gambar:
http://topyxyz.files.wordpress.com/2011/04/kpop-jpg.gif
http://www.indosiar.com/galaxysuperstar
http://www.facebook.com/events/289450641092208/
http://www.facebook.com/events/290295891015878/
http://id.korean-culture.org/welcome.do


http://www.facebook.com/photo.php?fbid=260832887310827&set=a.260832883977494.61534.130459980348119&type=1&ref=nf

 


  


6 komentar:

Review Situs mengatakan...

Semoga semua ini tidak mengurangi rasa nasionalisme kita.
Semoga semua ini dapat mengangkat nilai-nilai budaya Indonesia, bukan malah meninggalkan budaya kita yang sebenarnya potensial untuk ditawarkan di panggung internasional ini.

stupid monkey mengatakan...

Hidup Indonesia, Merdeka ;)

Tapi indonesia juga jangan marah kalau masyarakatnya lebih senang dengan budaya luar, abis indonesia sendiri kurang motivasi, betul ???

Punya.Tia mengatakan...

Siapa bilang yang suka KPOP (luar) itu tidak cinta negaranya...???

sebagai alternatif hiburan saja kok... terlalu sempit jiga dikorelasikan dengan kecintaan Indonesia...

ayo Indonesia, bikin dng sinetron2 kita kayak drama2 korea..biar kita para konsumen tidak pada kabur.. (konsumen kan pengen yg terbaik)

adeline mengatakan...

haduh-haduh...hhehehee... trimakasih sudah berkomentar...

postingan ini hanya ingin kasih tau ada beberapa cara untuk mewujudkan keinginan pergi ke korea atau bagi mereka yang suka dengan korea seperti saya.

menurut saya juga tidak akan sampai melupakan Indonesia kok.. ini kan hanya alternatif hiburan saja..

al kahfi mengatakan...

postingan ini hanya penambah wawasan saja jgn di salah artikan,,hehe,,,btw yg ngeposting juga berwajah korean...

adeline mengatakan...

heheee.... bisaaaaa ajaaa...hehe tengkyu sudah mampir..

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...