Jumat, 23 Desember 2011

Yang Perlu diperhatikan Saat Makan Bersama

deretan makanan prasmanan saat pesta

Siapa yang tidak senang dengan sebuah pesta atau perayaan? Entah itu, pesta ulang tahun, pesta pernikahan, perayaan hari besar seperti Lebaran dan Natalan, semua identik dengan keceriaan. Oleh karena itu hampir semua orang pasti senang, gembira, bergairah dan menanti-nanti sebuah perayaan yang special. Salah satu hal yang dinanti-nantikan oleh setiap orang adalah hidangan istimewa yang akan disantap dalam setiap perayaan tersebut. Suatu event akan terasa lebih indah jika didukung oleh jamuan makanan dan minuman yang ‘wah’ dan terkesan ‘jarang didapatkan’ pada hari-hari biasa.

Lalu apakah kebiasaan kita? Seringkali kita ‘kalap’ melihat berbagai hidangan tersaji di meja makan. Istilah ‘mumpung ada’ atau ‘wah, jarang-jarang’ menjadi alasan kita memakan semua jenis makanan tersebut. Namun hati-hati, alangkah lebih bijak jika kita dapat merayakan pesta ataupun hari raya dengan sukacita dan dengan cara sehat. Tidak mau kan kita bersenang-senang sekarang, besok terkapardi tempat tidur hanya karena gula darah naik, kolesterol, pusing atau diare. 

Berikut saya akan bagikan tips-tips bagaimana kita menikmati sajian istimewa tanpa rasa takut akan efek selanjutnya:

Minum air putih



Biasakan minum air putih untuk setiap hidangan yang anda makan. Jika ingin merasakan jenis minuman selain air putih, icip-icip sedikit saja. Biasanya yang ‘jarang’ kita lihat adalah hidangan makanannya. Sehingga lebih bijak jika anda gunakan kesempatan ini untuk menikmati hidangan special tersebut, tanpa harus menambah asupan kalori dari minuman.

Perut jangan Kosong


Ini adalah salah satu anjuran penting jika menghadapi suatu pesta atau perayaan. Biasanya kita malah sengaja tidak makan demi menghadiri suatu acara. Banyak alasan dibalik itu, yang pertama, menghindari kita makan makanan terlalu banyak. Kedua, perut akan kaget jika kita langsung memakan makanan berat dengan kadar kalori yang tinggi secara tiba-tiba. Yang paling bagus adalah dengan memakan selembar roti atau beberapa kue gandum sebagai pengganjal perut.

Batasi Bumbu tambahan


Dalam suatu hidangan pesta, seringkali hidangan disediakan dengan tambahan bumbu seperti mayonais, mustard atau keju parmesan. Bahan-bahan tersebut memang akan menambah kelezatan hidangan, namun disarankan kita menggunakannya secukupnya saja. Atau bahkan tidak usah (apalagi mereka yang sedang diet kalori)

Bijak dengan Dessert


Biasa terjadi jika kita ingin melahap makanan manis setelah mengkonsumsi hidangan utama (yang biasanya full bumbu atau gurih). Tapi, perhatikan dampaknya bagi kesehatan dan berat badan anda. Lebih bijak jika anda memilih buah-buahan segar. Jika ingin tetap merasakan bagaimana nikmatnya makan es krim vanilla atau lelehan sirup coklat, bisa dilakukan dengan sharing bersama anggota keluarga yang lain.


Gambar: zariyat.blogspot.com, 10caradietsehat.com, sodahead.com, targetwoman.com

9 komentar:

Stupid monkey mengatakan...

tapi terus terang, kalau makan yang paling enak posisi makannya kaki diangkat satu, wew ... ;)

adeline mengatakan...

hahhaa..... trims udah mampir

Atma Muthmainna mengatakan...

atma sering gitu mbak, klo mau menghadiri pesta suka ga makan dulu,takut ntar kenyang duluan hahaa

makasih mbak adel sharenya...

BlogS of Hariyanto mengatakan...

tips yang sangat bermnafaat, trimakasih sudah berbagi info, semoga masih teringat saat duduk di depan meja yang penuh dengan makanan nikmat :-)

asuransioke mengatakan...

tips bermanfaat, kren postnya, tks

Sepak Bola News = Soccer 足球新闻 mengatakan...

tips bermanfaat, tks sharenya

Muhammad Gustavie mengatakan...

keren nih... oke banget postingannya :)

adeline mengatakan...

terimakasih sudah mampir/...

Rahmat Rusdianto mengatakan...

setuju sama Stupid Monkey di atas, hahahaha :D

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...