Selasa, 29 November 2011

Konsumsi Vitamin dan Mineral dengan Tepat.

asupan vitamin dan mineral

Kebanyakan orang berpikir dengan mengkonsumsi vitamin atau suplemen makanan, maka kesehatan tubuhnya akan terjamin. Jika anda  berpikir seperti itu, maka anda keliru.

Pemahaman seperti ini kurang tepat. Vitamin dan mineral memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan metabolismenya. Namun, bila kita mengkonsumsi mineral dan vitamin tidak sesuai dengan kebutuhan, maka malah akan mengakibatkan gangguan kesehatan. 

Bila anda mengkonsumsi vitamin maupun suplemen, yang harus anda perhatikan terlebih dahulu adalah kualitasnya. Pastikan adanya sertifikat aman dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dan  Food and Drugs Administration jika produk berasal dari Amerika Serikat.

bagaimanapun vitamin & mineral tambahan tersebut adalah campuran bahan kimia

Cara mengkonsumsi vitamin juga berbeda – beda sesuai dengan jenis vitaminnya. 

Misalnya saja vitamin D lebih baik di konsumsi ketika makan malam karena proses penyerapan nutrisi berjalan optimal. Sedangkan vitamin E paling baik dikonsumsi disertai dengan makanan atau minuman yang berlemak agar bisa diserap tubuh dengan optimal. Sedangkan vitamin B dan vitamin E sebaiknya dikonsumsi pada pagi hari karena dapat meningkatkan energi.

Berikut saya berikan sedikit tips sebelum mengkonsumsi Vitamin…

1.       Pastikan vitamin yang anda konsumsi tidak saling berinteraksi seperti kalsium dan zat besi, karena dapat menggangu proses penyerapannya.

2.       Perhatikan ketentuan konsumsi tiap vitamin, karena memiliki karakteristik yang berbeda antara vitamin yang satu dengan vitamin yang lainnya.

3.       Periksa panduan kebutuhan vitamin sesuai dengan ketentuan Kementerian Kesehatan.

4.       Sebaiknya lakukan olahraga secara rutin, agar mendapatkan tubuh yang terjaga kesehatannya.

5.       Makanlah makanan yang bernutrisi  secara teratur.


 budayakan makanan alami, daripada kimiawi

Poin penting adalah vitamin atau suplemen lainnya itu hanya pelengkap, bukan yang utama. Utamanya adalah asupan dari makanan kita sehari-hari. Sehingga 4 sehat 5 sempurna lah yang lebih penting. Bagaimanapun konsumsi sayur dan buah segar lebih aman daripada obat kimia.

Selamat mencoba… semoga bermanfaat buat semua…


Gambar: tanyadokteranda.com, tanyakesehatanku.wordpress.com

5 komentar:

rusydi hikmawan mengatakan...

ya betul. terlalu banyak juga gak baek. karena Alloh nyiptain makhluk-Nya itu dalam keadaan seimbang, gak berlebih. ditunggu kunjungnnya mba adeline

Rawins mengatakan...

aku suka takut minum multivitamin
dosisnya kayak berlebihan gitu
enakan banyakin makan
sayangnya bisa 4 sehat 5 sempurna cuma minggu awal bulan doang
minggu kedua mulai 3 sehat 4 sempurna
dan seterusnya...

Ejawantah's Blog mengatakan...

Kalau begitu lebih baik kita menjaga kesehatan dengan memperbaiki pola hidup sehat dengan membenahi kebutuhan gizi seimbang ya Mba.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

al kahfi mengatakan...

Misalnya saja vitamin D lebih baik di konsumsi ketika makan malam karena proses penyerapan nutrisi berjalan optimal. Sedangkan vitamin E paling baik dikonsumsi disertai dengan makanan atau minuman yang berlemak<------------masukan yg bermanfaat nih,, jadi tau,,,

adeline mengatakan...

@all: betul..betull.. soalnya saya lihat temen2 syaa pada doping vitamin semua.. kasian lho ginjalnya.. padahal ga semua vitamin terserap ke tubuh..
makanya saya buat postingan ini..hehe

trimakasih sudah mampir...

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...