Senin, 05 September 2011

Kucing dan Jenisnya

Punya binatang peliharaan apa di rumah?
Saya dulu sempat punya kura-kura Brazil, tapi kura-kura yang dulu sempat saya kasih nama Kuri itu akhirnya malah kabur ke selokan belakang rumah dan tidak pernah kembali sampai sekarang. Berbicara tentang binatang peliharaan, mungkin tidak akan jauh dari anjing, hamster, ikan, kelinci, kura-kura dan kucing. Hmm…kucing. Karena ada banyak sekali jenis kucing, maka saya akan membahas tentang jenis-jenis kucing.

Begitu banyaknya jenis kucing di dunia, justru kadang membuat kita pusing bagaimana membedakannya. Baiklah, langsung saja, ini dia jenis-jenis kucing yang sering kita temui di Indonesia.

Angora/Anggora
Kucing ini berasal dari kota Angora (Antara, ibukota negara Turki). Sebenarnya, varian kucing angora dan kucing Persia dulunya sempat dikatakan sama lho, tapi ada perbedaan mendasar antara kucing Persia dan angora, diantaranya adalah tubuh  besar, tebal, kepala bulat dan badan cobby kucing Persia yang ternyata berbeda jauh dengan kucing angora. Kucing angora memiliki postur badan yang sedang dan panjang, kaki dan ekor berbulu tebal yang juga panjang, telinga besar, dan bentuk muka segitiga.

Kucing Siam
Sesuai dengan namanya, kucing siam adalah kucing yang berasal dari negara Siam (Thailand). Ciri utama kucing siam ini adalah bentuk tubuhnya yang panjang, langsing dan berotot. Bulunya pendek dan halus dengan warna kontras si sekitar ujung kaki, ekor dan mukanya. Moncongnya mancung dan matanya biru. Jenis kucing ini biasanya sangat hiperaktif, cocok sekali diajak main.

Maine Coon
Jenis kucing ini lucu banget, badannya besar, matanya juga bulat oval dengan hidung dan dahi yang melengkung. Bulunya sangat tebal dan percaya atau tidak, bulunya ini tahan air lho. mungkin karena tempat asalnya, Maine, AS, sering turun salju. Saking besarnya kucing ini, beratnya bisa mencapai 6-9 kg untuk yang jantan dan 4-6 kg untuk yang betina.

Abyssinian
Kucing ini adalah kucing yang berasal dari Ethiopia, dan mungkin merupakan kucing tertua di dunia. Di Mesir, anda bisa melihat replika kucing ini di deretan piramida dan sphinx. Kucing ini memang kucing yang merepresentasikan negara dan peradaban Mesir, terutama warna bulunya yang seperti warna gurun pasir. Tubuh kucing Abyssinian langsing berotot dengan lengkungan leher dan bahu yang indah. 


sumber gambar: kucing.web.id

4 komentar:

Andy mengatakan...

Kalau saya paling suka jenis bobcats kucing liar hutan karena struktur badannya sangat kuat
Dah saya follow blog kamu,gantian ya follow back blog saya

Kalvin Vincent mengatakan...

hi,,, postingan yang kren,, link back yah,,, ditunggu

http://heningjurnal.blogspot.com/

Indra Imawan mengatakan...

wah blognya bagus, nice posting...

http://ict-crew.blogspot.com/

adeline mengatakan...

@semuanya udah aku visit n pobek yah :)
thanks

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...