Rabu, 28 September 2011

Minuman Hangat Khas Tanah Air

Meski Indonesia berada tepat di garis khatulistiwa yang menyebabkan negara ini beriklim tropis, tidak ada salahnya jika kali ini kita mengeksplor minuman-minuman hangat yang bisa kita temukan di tanah air. Minuman hangat ini biasanya disajikan setelah hujan turun sore-sore. Seperti membawa anda terbang kembali ke jaman dulu ketika kita semua masih kecil, di mana udara malam masih cukup menggigit. Inilah daftar minuman hangat khas tanah air yang tidak boleh dilewatkan.

Wedang Jahe
Semua orang pasti pernah merasakan wedang jahe yang manis dan hangat. Minuman ini biasanya dibuat dari campuran rebusan jahe dan gula merah (plus daun pandan untk menambah aroma). Wedang jahe tidak hanya memberikan rasa hangat ke tubuh, tapi juga sangat bagus untuk menjaga stamina tubuh, terutama jika minuman ini dibuat dengan jahe merah. Minum wedang jahe juga dapat meringankan sakit kepala dan migrain.

Bandrek dan Bajigur
Bandrek dan bajigur biasanya dijual dalam satu gerobak ditambah camilan pelengkapnya seperti pisang rebus, naga sari, ubi dan kacang rebus. Bandrek bercita rasa lebih pedas karena biasanya merupakan racikan rempah-rempah (termasuk jahe), gula merah yang biasanya disajikan dengan tambahan kelapa kerok. Sedangkan bajigur berbahan dasar santan, gula merah dan sedikit kopi. Bajigur yang dijual biasanya diberi tambahan irisan kolang kaling.

Kembang Tahu/ Tahuwa
Orang Jawa Tengah atau Jawa Timur biasanya mengenalnya dengan sebutan tahuwa. Kembang tahu bertekstur sangat lembut dan langsung meleleh di dalam mulut karena bahan dasarnya tahu. Biasanya disajikan dengan kuah jahe yang hangat. Anda bisa menikmatinya dalam keadaan panas maupun dingin. Sayangnya, kembang tahu kini cukup sulit ditemukan. Padahal jenis makanan ini sangat cocok untuk dinikmati saat hujan atau malam hari.

Bir Pletok
Bir pletok merupakan minuman khas Betawi yang terbuat dari berbagai rempah-rempah seperti jahe, daun pandan dan serai. Tambahan kayu secang membuat warna minuman ini jadi makin menarik. Meski namanya bir, minuman ini adalah minuman bercita rasa hangat biasa yang sama sekali tidak mengandung alkohol. Minum bir pletok sangat bagus untuk memperlancar aliran darah lho.

Sekoteng
Sekoteng adalah minuman hangat yang merupakan campuran air jahe, potongan roti, kacang hijau, kacang tanah dan pacar cina. Rasanya tentu saja hangat dan segar. Cocok sekali diminum malam-malam.

Yaay.. semuanya hangat dan bikin ngiler. Nanti malem hunting minuman-minuman ini yuk?

Sumber: goorme

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...