Kamis, 22 September 2011

Hati-Hati Penyebab Perut Buncit!!

Perut buncit biasanya bisa ditemukan pada penderita cacingan (biasanya pada anak kecil) atau pada ibu hamil. Tapi saya suka bingung, kenapa perut saya buncit ya? Setau saya, saya tidak hamil (pasti lah, orang ga punya suami!). Alasan yang kedua adalah, saya juga yakin saya tidak cacingan. Banyak juga beberapa teman yang mengalami hal yang sama. Tampak dari luar, penampilannya langsing, tapi tetap saja perutnya berlipat-lipat.

Nah, ternyata… ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab utama perut buncit. Mungkin malah penyebabnya adalah karena kebiasaan kita sendiri. Meski sudah mengurangi jatah makan malam atau makan siang, seringkali kita lupa menghilangkan kebiasaan-kebiasaan seperti di bawah ini. Alhasil, perut kita bisa tetap membuncit. Apa saja sih penyebab perut buncit ini? Simak yang berikut ini.

Kebiasaan Ngemil di Depan TV
Ini mungkin jadi kebiasaan yang sangat rutin kita lakukan. Saking asiknya nonton TV atau DVD, tak sadar ternyata sebungkus keripik kentang sudah masuk semua ke dalam perut. Hati-hati ya, katanya kalau kita ngemil di depan TV, makanan yang jumlahnya menggunung pun bakal tak terasa (lebay). Ini bisa bikin perut membuncit, apalagi jika anda nonton sambil berbaring.
Ngemil Tengah Malam
Kebiasaan begadang atau mungkin memang ada pekerjaan yang membuat anda tdur larut malam memang bisa membuat lapar. Biasanya, saat jam 10 atau 11 malam, saya akan cari mie rebus atau makanan lainnya yang ada dikulkas untuk menangkal lapar. Hasilnya, lingkar pinggang dan paha jadi makin lebar. Para ahli kesehatan menyarankan, agar kita mengkonsumsi makanan minimal 2 jam sebelum tidur. Mengisi perut seseaat sebelum tidur memang bisa membuat perut membuncit karena kalori yang belum sempat terbakar dan terolah.

Stress Bukan Berarti Makan Banyak
Seringkali para wanita yang stress karena pekerjaan atau karena urusan cinta akan langsung beralih ke makanan. Ups, ini salah besar. Ubah persepsi kita tentang bagaimana cara menghilangkan stress, cari hiburan atau minimal tarik napas dalam-dalam hingga rileks.

Poin-poin diatas cuma beberapa loh yah. Sebenarnya ada banyak hal yang mempengaruhi, termasuk juga dari pola makan dan gaya hidup kita. Semoga postingan ini bisa memberi manfaat.

2 komentar:

Turun Berat Badan mengatakan...

bener banget gan,,
tapi masalah stress cari solusi lainnya daripada cuman beralih makan banyak yang mengakibatkan perut buncit tuh sulit kalau sudah menjadi kebiasaan,,
but thns gan,,

adeline mengatakan...

hehe iyah mas bro :)

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...