Senin, 26 September 2011

Bahaya Krim Pemutih

Krim pemutih merupakan salah satu kosmetik yang sudah tidak asing di telinga. Bahkan hampir semua orang tau varian krim pemutih, mulai dari yang putih merona, putih tanpa flek hitam dan putih tanpa jerawat. Ini misalnya lho. Meski bisa membuat kulit anda jadi lebih putih, krim pemutih tetap saja dibuat dengan campuran bahan kimia berbahaya. Itu artinya, ada banyak bahaya yang mengancam dari penggunaan krim pemutih.

Krim pemutih biasanya mengandung Hydroquinone. Senyawa ini memang sangat ampuh untuk meratakan warna kulit dan menyamarkan noda hitam, akan tetapi efek sampingnya juga sangat besar. Penggunaan hydroquinone dengan kadar lebih dari 2% bisa menyebabkan iritasi serius berupa kulit terbakar. Itu sebabnya, kandungan hydroquinone yang ama untuk kulit biasanya tidak diperbolehkan lebih dari 2%. Selain itu, kulit anda bisa kembali seperti semula saat produk pemutih tersebut berhenti anda gunakan. 
Bahaya lainnya adalah kandungan merkuri. Bahan kimia ini memang sejatinya telah dilarang oleh negara. Namun tetap saja produk illegal ini laku keras di pasaran karena katanya memberikan efek instan. Krim yang mengandung merkuri memang memberikan efek yang sangat cepat. Dalam beberapa kali pemakaian, kulit akan putih seketika. Tapi hati-hati, merkuri akan mengendap di bawah lapisan kulit. Jika dipakai dalam rentang waktu yang lama, akan menyebabkan kulit biru kehitaman bahkan menyebabkan kanker.
Seram sekali memang efeknya, lalu bagaimana caranya agar tampil putih dan cantik??? Jadi begini, menurut saya, untuk bisa cantik tidak harus putih kok. Apalagi mayoritas kulit orang Indonesia memang sawo matang. justru kulit seperti ini adalah kulit yang paling ideal untuk kita yang tinggal sejajar dengan garis khatulistiwa. Penggunaan krim pemutih akan sia-sia jika kita tetap terpapar sinar matahari. Malah akibatnya bisa membuat kulit anda berbercak kekuningan yang tidak akan pernah hilang. Nah lho, seram kan?

Intinya adalah percaya diri, orang yang kulitnya putih juga tidak akan kuat panas karena kulitnya akan mudah terbakar. Jadi, daripada susah-susah pakai krim pemutih yang membahayakan, lebih baik menjaga yang sudah diberikan Tuhan pada kita.

Stay beautiful without chemical! Cheers!

8 komentar:

Ca Ya mengatakan...

pertama2 slam kenal dulu :)

hmmm...klo misal produk utk sekedar melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet itu kira2 ap ya?
kn gak bgs jg kalo wajah terkena sinar matahari langsung..

emingko mengatakan...

untung saya cwok gak pke bgniaan :D
jgn lupa mampir ke eMingko Blog

Ca Ya mengatakan...

@emingko: ah msa sih anda gak pke beginian :D :D

asaz mengatakan...

biasanya putih akibat cream hanya sementara saja kalau tidak pakai akan kembali ke asal

adeline mengatakan...

@ Ca Ya: coba pake sunscreen aja :D, gunanya bukan memutihkan atau mencerahkan tapi melindungi dari paparan sinar matahari hehe

adeline mengatakan...

@ asaz: ya itu namanya efek rebound, kalo ga dipake lagi produknya bakal balik lagi ke kondisi semula. cowo ga usah pake, yang penting ga jerawatan n bersih aja udah ganteng kok :D

adeline mengatakan...

@ emingko: sip deh

Andy mengatakan...

Kebanyakan masyarakat indonesia belum paham & didik untuk paham dengan masalah itu,kebanyakan masyarakat kita hanya mencari jalan instan yang murah meriah sesuai dengan keadaan ekonomi

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...