Rabu, 23 November 2011

Hati-Hati Pacar Cina!

es pacar cina

Saya yakin pasti anda sudah tidak asing lagi dengan jenis makanan es pacar cina untuk melepas dahaga, apalagi cuaca sedang panas. Pacar cina biasanya di campurkan pada minuman dingin. Dengan warna yang sangat mengoda mata. Pacar cina banyak disukai oleh orang. 

Tapi sekarang ini banyak sekali pedagang nakal yang mencampur pacar cina dengan zat kimia, mereka berdalih dengan memakai zat kimia pacar cina akan terasa lebih kenyal dan warnanya akan semakin mengilap dan semakin menarik perhatian calon pembeli.

 2 jenis pacar cina: basah dan kering

Pacar cina terdiri dari dua jenis, ada pacar cina kering dan pacar cina basah. Pacar cina kering berbentuk dadu, dan bisa digunakan juga sebagai campuran kue basah. Sedangkan pacar cina basah berbentuk butiran kecil dengan warna merah, hijau, dan unggu. Biasanya digunakan sebagai campuran es sumsum dan es teller. 

Para pedagang dalam membuat es pacar cina menggunakan tawas.  Tawas adalah senyawa kimia berupa garam sulfat yang sering digunakan untuk membersihkan air. Dengan menggunakan tawas, sagu akan cepat kenyal dan tidak menempel satu dengan yang lainnya.

Tidak saja menggunakan tawas, pedagang nakal itu juga menggunakan pewarna tekstil. Padahal pewarna tekstil itu hanya digunakan untuk mewarnai baju, untuk campuran cat atau untuk mewarnai kalung.

 Hati-hati dengan warna yang mencolok

Pewarna tekstil sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh, karena mengandung “Metallin Yellow dan Rodhamin B” yang sulit dicerna oleh tubuh. Zat kimia ini akan mengendap dan lama kelamaan akan menjadi sarang penyakit. Akan mengakibatkan tumor dan lama kelamaan akan menjadi kanker.

Bila anda ingin membeli pacar cina sebaiknya anda harus hati- hati. Anda harus bisa membedakan mana pacar cina yang mengandung tawas dan yang menggunakan pewarna tekstil maupun yang tidak.

Pacar cina yang mengandung tawas biasanya berwarna terang dan mengilap, bila direndam di dalam air, bekas rendaman airnya akan berubah warna. Dilihat dari wanginya, baunya agak tajam dan berbau menyengat.

Nah, kita sebagai pembeli harus dituntut telaten dan pintar dalam membeli makanan apa saja. Demi menjaga kesehatan keluarga yang anda cintai..

Semoga tips ini dapat berguna bagi para pembaca sekalian ya…

Gambar: detikfood.com, foto.detik.com, radar-bogor.co.id

10 komentar:

al kahfi mengatakan...

awal sy lihat judulnya kirain pacar beneran gak taunya makanan es toh,, hehe

adeline mengatakan...

heheee....

Anonim mengatakan...

wah serem juga ternyata.....padahal aku doyan banget sama pacar cina

yudee mengatakan...

belum pernah nyoba..enak gak ya..!!

pedagang nakal seperti itu mesti dijewer telinganya satu2..nakal betull...haha

whisnu mengatakan...

hahahaha hadooh q pikir orang cina yg dimaksud gk taunya cm makanan,aq jg br tau,soale klo di surabaya namanya mutioro

adeline mengatakan...

@anonim: hahaa.. cobanan'o..hehee

adeline mengatakan...

@yudee: betul..betull..

adeline mengatakan...

@wisnu: iyo mas.. tp bahasa indonesia'ne pacar cina.. hehe.. podo wae lah..hehe

Andy mengatakan...

jaman sekarang makan atau tidak makan serba salah mba,karena kalau kita makan bakal jadi penyakit tapi kalau kagak makan juga jadi penyakit laper,hehehe
soalnya sekarang sedikit2 semua bahan makanan udah kagak alami lagi,alias sudah terkontaminisi dengan zat kimia berbahaya

adeline mengatakan...

hahaaa... betull...

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...