Dengan perkembangan jaman dan dengan dukungan teknologi, sistem belanja pun sudah mulai bergeser ke arah online. Lihat saja, bagaimana menjamurnya toko online atau online shop baik perseorangan maupun brand ternama yang sudah mulai launching via online storenya. Namun ada beberapa karakteristik Indonesia yang sedikit banyak mempengaruhi perkembangan online shop, yang disini akan saya kategorikan menjadi kendala online shop Indonesia. Berikut di antaranya:
1. Letak Geografis Indonesia
Kita tahu dengan jelas letak geografis Indonesia yang bercirikan kepulauan. Itu artinya akan menjadi satu kendala yang menghambat proses distribusi suatu barang. Bagi para pebisnis online, waktu maupun biaya angkutnya pun harus diperhatikan.
2. Sistem pembayaran
Booming sistem online ternyata belum diimbangi dengan sosialisasi sistem pembayaran. Terbukti masih banyak konsumen yang belum mengetahui bagaimana cara transaksi aman visa online. Sebut saja, berapa banyak orang yang sudah memiliki akun paypall atau kartu kredit, dll.
Masalah ini mungkin dikarenakan budaya online masih terhitung ‘muda’ di kalangan masyarakat Indonesia.
3. Alat Akses
Saya menyoroti bagaimana mayoritas masyarakat Indonesia dalam memakai internet . Dengan gadget apa mereka selama ini berselancar di dunia maya? Mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan smartphone yang memiliki keterbatasan layar untuk mengakses internet. Memang cukup mumpuni untuk sosial media, namun untuk berbelanja online yang membutuhkan ketajaman visual dalam memilih barang yang ada, menjadikan hal ini sesuatu hal yang cukup menghambat.
4. Kepercayaan
Hal ini merupakan faktor utama dalam bisnis online, namun menjadi momok utama pula dalam perkembangan bisnis tersebut. Lihat saja, bagaimana keluhan yang paling banyak adalah penipuan, baik akun penjual maupun pembeli. Kepercayaan ini akan berbanding lurus dengan sistem pembayaran. Sistem COD (Cash On Delivery) biasanya yang menjadi alternative pembayaran yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia.
Demikian 4 poin yang bisa saya sharingkan, semoga menjadi perhatian bagi para pelaku bisnis online. Saya sendiri masih sebatas konsumen dan pengamat. Semoga suatu saat akan menjadi pelaku bisnis yang sesungguhnya. Bagaimana dengan anda?? Jika ada yang mau menambahkan silahkan yaa…
Namun sebenarnya, kita sebagai pelaku bisnis, proses penjualan di online dapat diamati dan dicontoh berbagai tempat berbelanja online yang terpercaya. Bagaimana proses jual-beli disana. Bagi konsumen, web online store brand-brand yang ternama mungkin menjadi jalan alternative, karena disamping ke brand langsung, harganya pun bisa sedikit lebih murah. Jaminan transaksi juga baik. Atau memilih online shopping mall yang terpercaya, untuk merek lokal ada toko bagus, multiply, dinomarket, kaskus, dll (pilih yang verified member) atau khusus produk luar, misal untuk produk korea: Gmarket, Yes24, dll yang sudah terpercaya. Semua kendala diatas pasti memiliki solusi yang akan terjawab seiring perkembangan bisnis ini.
Sumber gambar: forum.kompas.com, voscot41412.blogspot.com, kapanlagi.com, mpwk.undip.ac.id, toelank.wordpress.com
17 komentar:
yg plg trkndla mgki mslah kpercayaan, scra u/ saat ini kprcyaan antra seller dg buyer tdk bgtu bgus...
Posting menarik, Aku tunggu posting seputar bisnis onlinemya.
Kunjungi www.azharvokasi.blogspot.com
yang paling berpengaruh ya memang kepercayaan dari masing-masing personal,penjual maupun pembeli.
COD lebih aman...hehehe
@emingko& de hoppus: betul... trust merupakan faktor yg menentukan perkembangan online shop..
@azhar: hehee.. trims sudah mampir...
Memang 4 poin yg sist sebutkan diatas adalah merupakan kendala berbisnis online, dalam artian jual beli barang secara real. Jangan bisnis yg besar, saya saja utk menjual buku dan novel ke penggemar yg mengharap tanda tangan penulis, kadang yg beli kebingungan cara pembayaran. Padahal sudah saya siapkan 3 akun bank.
Bahkan demi ingin mendapat tanda tangan penulis, mereka melakukan antri pembayaran manual via kasir bank. Pahal mereka punya atm, tapi utk transfer masih merasa was-was :)
yg penting sih ada kejujurannya dari penjual, tetapi memang sistem COD 90% lebih aman, 10% tidak aman karena banyak juga yg ternyata dirampok pada saat COD itu loh..
Salam Blogwalking Maddi Jane, Artis Baru Youtube
@om arie: iya nih... saya juga pengen dong bukunya... *gratis tapi..hahhaaaa
@jimmy: iya bener, kejahatan kan bisa dimana aja...hehhee
untuk saat ini sepertinya akan lebih baik beralih ke offliine shop terdekat saja :D
@zea: hahahahaa...
wah. . . aku sebenernya pengen banget punya online shop. . . tapi masih uring-uringan yak. . .
@susu segar: kenapa uring2an??? bagus dong....
kepercayaan yg paling penting sih... sekali aja cacat, maka akan selamanya dicap...
blogwalking dari Acara Pencarian bakat Kpop Galaxy Superstar
Betul @Danny..... TRUST is the point
pastinya semua karena kepercayaan,,
contohnya di online shop kami, mengirimkan barang terlebih dahulu,tetapi tetap saja banyak orang yang gak bayar, alias nipu, tapi kan jualan obat herbal, jadi gmna mau sehat law caranya juga menipu,,,yang ada tambah parah kan?
Semestinya yang benar itu sang pembeli harus terlebih dahulu transfer biaya pembelian ke rekening sang penjual, baru sang penjual mengirim barang yang dipesan ke alamat sang pembeli, tapi itu semua tak terlepas dari niat baik sang pembeli maupun sang penjual itu sendiri. -Rudyanto Lay
betul... tergantung niat masing2..hehe
Betul apa yang dikatakan saudara emingko
yg plg trkndla mgki mslah kpercayaan, scra u/ saat ini kprcyaan antra seller dg buyer tdk bgtu bgus...
tapi saat ini masalah tersebut bisa kita atasi dengan menggunakan I-KOIN sebagai sistem pembayaran yang kita tawarkan.
I-KOIN memiliki fitur TRANSAKSI aman untuk menjaga pembeli dari tindakan PENJUAL nakal atau penipuan pak
https://i-koin.com
https://i-koin.com/pojok/
Posting Komentar